Find Us On Social Media :
Sistem apartemen kepiting yang ditampilkan Diskan PPU dalam IKN Expo dan Forum Investasi Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) pada Agustus lalu. ((Ist))

Dinas Perikanan PPU Launching Apartemen Kepiting

Etty Hariyani - Senin, 7 Oktober 2024 | 16:43 WIB

Sonora.ID - Dinas Perikanan Kabupaten Penajam Paser Utara – Diskan PPU meluncurkan apartemen kepiting. Apartemen kepiting adalah sistem inovatif yang dirancang untuk menggemukkan kepiting agar dapat dijual dengan nilai ekonomis yang lebih tinggi.

Kepala Bidang Perikanan Budidaya dan Lingkungan Diskan PPU - Musakkar saat talkshow bersama Radio Smart FM Balikpapan di Desa Babulu Laut, Jumat 4 Oktober 2024 menjelaskan, penerapan teknologi dalam budidaya perikanan sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan pembudidaya di daerah tersebut.

Ide untuk menggunakan sistem apartemen kepiting muncul setelah Diskan melakukan kunjungan langsung ke lapangan dan berdialog dengan para petani.

Baca Juga: Budi Daya Kepiting Jadi Andalan di PPU

Adapun apartemen kepiting ini terdiri dari boks khusus yang dirancang untuk menampung satu kepiting per boks. Dengan cara ini, kepiting dapat digemukkan secara optimal sebelum dipanen. Apartemen kepiting merupakan metode budidaya akuakultur vertikal yang menggunakan air daur ulang dan sangat efektif untuk meningkatkan kelangsungan hidup kepiting dan memperpendek waktu hingga siap dijual. Fasilitas ini juga dapat diaplikasikan pada lahan darat, mengurangi risiko dari faktor-faktor eksternal seperti banjir atau serangan predator.

Musakkar menambahkan, proses penerapan di Kabupaten PPU dimulai dengan pembenihan hingga pembesaran kepiting di tambak. Kepiting yang belum memenuhi ukuran ideal akan dipindahkan ke apartemen kepiting untuk penggemukan lebih lanjut. Setelah dipindahkan, kepiting akan diberikan pakan khusus selama 15 hari. (Adv)