Find Us On Social Media :
Kementerian Agama (Kemenag) menyambut kedatangan Imam Masjid Nabawi, Syaikh Ahmad bin Ali Al-Hudzaifi, yang melakukan kunjungan resmi ke Indonesia (RIA-Kemenag RI)

Imam Besar Masjid Nabawi Kunjungi Indonesia, Bahas Penguatan Dakwah

Ria FM Solo - Rabu, 9 Oktober 2024 | 08:36 WIB

Surakarta, Sonora.ID - Kementerian Agama (Kemenag) menyambut kedatangan Imam Masjid Nabawi, Syaikh Ahmad bin Ali Al-Hudzaifi, yang melakukan kunjungan resmi ke Indonesia pada 7-11 Oktober 2024.

Dari rilis resmi Bimas Islam Kemenag RI, Kamaruddin Amin selaku Dirjen Bimas Islam Kemenag menjelaskan bahwa kunjungan ini merupakan bagian dari kerja sama bilateral yang sudah terjalin dengan baik antara Kemenag Indonesia dan Kementerian Urusan Islam, Dakwah, dan Bimbingan Kerajaan Arab Saudi.

“Kedatangan yang mulia Syaikh Ahmad bin Ali Al-Hudzaifi adalah untuk memperkuat kerja sama di bidang dakwah dan urusan Islam,” ujarnya di Jakarta, Selasa (8/10/2024).

Kunjungan ini bertujuan untuk memperkuat kerja sama di bidang dakwah dan urusan Islam. Kamaruddin menambahkan bahwa hubungan baik ini juga bertujuan untuk mempromosikan nilai-nilai Islam di kalangan umat Muslim Indonesia serta mendorong umat Islam berperan dalam kemajuan peradaban global.

Islam, menurutnya, mengajarkan cinta, kasih sayang, perdamaian, dan keadilan, yang akan terus dijunjung dalam kerja sama ini.

Baca Juga: Hari Pertama Peparnas XVII Solo 2024: Sumsel Raih Peringkat 6 dengan 9 Medali

Diharapkan, kedatangan Imam Masjid Nabawi akan memperkuat hubungan kedua negara dan meningkatkan persaudaraan umat Muslim.

Syaikh Ahmad bin Ali Al-Hudzaifi akan menghadiri berbagai kegiatan, termasuk pertemuan dengan tokoh agama, ulama, Ormas Islam, pesantren, dan masyarakat. Salah satu agenda utamanya adalah berdiskusi dengan ulama besar Indonesia mengenai penguatan dakwah Islam di era modern.

Berikut merupakan rangkaian agenda acara Imam Masjid Nabawi Syaikh Ahmad bin Ali Al-Hudzaifi saat di Indonesia

1. Senin, 7 Oktober 2024 : Tiba di Indonesia
2. Selasa, 8 Oktober 2024 :
- Bertemu Menteri Agama RI
- Bertemu Majelis Ulama Indonesia (MUI)

3. Rabu, 9 Oktober 2024 :
- Bertemu Presiden RI
- Bertemu Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU)
- Bertemu Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII)
4. Kamis, 10 Oktober 2024 :
- Bertemu Pengurus Pusat Muhammadiyah
- Ceramah Umum di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
- Berkunjung ke Pesantren Darunnajah Jakarta


5. Jumat, 11 Oktober 2024 :
- Bertemu Imam Besar Masjid Istiqlal, Menjadi Imam Salat Jumat, dan Muhadharah
- Kembali ke Arab Saudi


Penulis: Fransiska Dinda