Find Us On Social Media :
Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Gelar Sosialisasi Rumah Ibadah Ramah Anak (RIRA), di aula lantai III Kantor Bupati PPU. Selasa (8/10/2024). (Ist)

Wujudkan Layanan Peningkatan Kualitas Hidup Anak DP3AP2K Sosialisasi RIRA

Etty Hariyani - Rabu, 9 Oktober 2024 | 08:44 WIB

Penajam, Sonora.ID - Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Gelar Sosialisasi Rumah Ibadah Ramah Anak (RIRA), di aula lantai III Kantor Bupati PPU. Selasa (8/10/2024)

Kepala DP3AP2KB Chairur Rozikin mengatakan RIRA merupakan rumah ibadah dengan sistem pelayanan yang holistik dan menjamin pemenuhan hak anak,

Termasuk melindungi dari segala bentuk kekerasan, eksploitasi, kerentanan dan diskriminasi.

Lanjut Chairur mengatakan, penguatan fungsi rumah ibadah memerlukan keterlibatan dan kerja sama antara pemerintah dan lembaga keagamaan.

Melalui sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan pengurus rumah ibadah sehingga rumah ibadah dapat menjadi ramah anak, tidak hanya sebagai tempat ibadah, tetapi juga menyediakan tempat bermain anak.

Baca Juga: DPMPTSP PPU Tindak Tegas Perusahaan Yang Tidak Melengkapi Perizinan

Selain itu, Chairur menambahkan rumah ibadah juga dapat melibatkan anak-anak dalam mengelola rumah ibadah menjadi ramah anak.

Mari kita bekerjasama dan berkomitmen bersama untuk mendukung dan mewujudkan Kabupaten Layak Anak di Kabupaten PPU dan Indonesia Layak Anak pada tahun 2030.

Pada kesempatan yang sama, Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) PPU, Sri Kusuma Winahyu menyatakan dukungannya untuk mewujudkan RIRA di Kabupaten PPU.

TP PKK PPU akan turut mendukung dalam mengimplementasikan program RIRA dan turut mewujudkan rumah ibadah ramah anak,

Serta menciptakan rumah ibadah yang tidak hanya menjadi tempat beribadah tetapi juga tempat yang aman dan menyenangkan bagi anak-anak kita,"tutupnya.

Turut hadir pada sosialisasi ini, Kepala Bidang Perlindungan Anak DP3AKB Balikpapan Umar Adi dan Sub Koordinator Penguatan Lembaga Penyedia Layanan Kualitas Hidup Anak DP3AKB Balikpapan Sofya Anita sebagai narasumber. Kepala Kantor Kementerian Agama PPU Muhammad Syahrir, perwakilan pengurus rumah ibadah, organisasi masyarakat dan perangkat daerah terkait. (Adv/DiskominfoPPU)