Find Us On Social Media :
20 Contoh Soal Tryout PPG PPG Piloting Taha[ 2 Tahun 2024 dan Jawaban ()

20 Contoh Soal Tryout PPG Piloting 2 Tahun 2024 dan Kunci Jawaban

Dita Tamara - Rabu, 9 Oktober 2024 | 10:30 WIB
 
Sonora.ID - Simak contoh soal tryout PPG Piloting 2 yang dilengkapi dengan kunci jawabannya.

Diketahui, guru yang terpilih jadi peserta Piloting Pendidikan Profesi Guru (PPG) 2 untuk wajib mengikuti uji kompetensi.

Oleh sebab itu, contoh soal tryout di bawah ini bisa dijadikan sebagai referensi pembelajaran.

Berikut ini Sonora.ID merangkum soal tryout PPG Piloting 2 yang dilengkapi dengan kunci jawabannya: 

 
1. Di sebuah rapat guru, Anda mengusulkan metode pengajaran yang inovatif. Namun, beberapa rekan guru menolak usulan Anda karena mereka merasa metode tersebut terlalu rumit. Apa yang sebaiknya Anda lakukan?
 
A. Menarik kembali usulan dan mengikuti metode yang biasa digunakan.
 
B. Meminta penjelasan lebih lanjut dari rekan-rekan tentang alasan penolakan mereka.
 
C. Memberikan pelatihan singkat kepada rekan guru untuk memahami metode tersebut.
 
D. Melakukan metode tersebut hanya di kelas Anda dan tidak melibatkan guru lain.
 
Jawaban: C
 
2. Anda menyadari bahwa seorang siswa selalu terlihat lesu dan tidak bersemangat saat belajar. Setelah berbicara dengan siswa tersebut, Anda mengetahui bahwa ia memiliki masalah di rumah. Apa yang sebaiknya Anda lakukan?
 
A. Memberikan konseling pribadi kepada siswa tersebut untuk membantunya.
 
B. Melaporkan masalah tersebut kepada kepala sekolah untuk ditindaklanjuti.
 
C. Memberikan perhatian khusus di kelas agar siswa merasa lebih nyaman.
 
D. Menyarankan siswa tersebut untuk berkonsultasi dengan konselor sekolah.
 
Jawaban: D
 
3. Anda menemukan bahwa beberapa siswa menyontek saat ujian. Apa tindakan yang sebaiknya Anda ambil?
 
A. Mengulang ujian untuk seluruh kelas dengan pengawasan ketat.
 
B. Menegur siswa yang ketahuan menyontek dan memberikan nilai nol pada ujian tersebut.
 
C. Mengingatkan siswa secara umum tentang pentingnya kejujuran tanpa memberi hukuman.
 
D. Mengidentifikasi siswa yang menyontek dan mengajak mereka berbicara secara pribadi.
 
 
4. Sekolah Anda baru saja mengadopsi kurikulum baru yang menekankan pada pengembangan karakter. Namun, beberapa siswa terlihat tidak antusias dalam mengikuti kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan karakter. Apa yang sebaiknya Anda lakukan?
 
A. Memaksa siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan tersebut.
 
B. Memberikan penjelasan lebih mendalam tentang pentingnya pengembangan karakter.
 
C. Mengubah pendekatan pengajaran agar lebih menarik bagi siswa.
 
D. Mengabaikan siswa yang tidak antusias dan fokus pada siswa yang bersemangat.
 
Jawaban: C
 
5. Seorang siswa dengan kebutuhan khusus baru saja pindah ke kelas Anda. Bagaimana Anda akan memastikan bahwa ia dapat berpartisipasi dalam semua kegiatan pembelajaran?
 
A. Memberikan perhatian ekstra kepada siswa tersebut selama pembelajaran.
 
B. Mengadaptasi materi dan metode pembelajaran sesuai dengan kebutuhannya.
 
C. Meminta bantuan dari guru pendamping khusus.
 
D. Mengajak siswa tersebut untuk belajar secara mandiri agar tidak merasa terbebani.
 
Jawaban: B
 
6. Saat Anda memberikan tugas kelompok, salah satu siswa merasa tersisih oleh anggota kelompok lainnya. Apa yang sebaiknya Anda lakukan?
 
A. Mengizinkan siswa tersebut untuk bekerja sendiri daripada dengan kelompoknya
 
B. Memindahkan siswa tersebut ke kelompok lain yang lebih ramah.
 
C. Mendorong seluruh kelompok untuk berdiskusi secara terbuka mengenai masalah tersebut.
 
D. Memberikan tugas individu kepada siswa tersebut agar ia tidak merasa tersisih.
 
Jawaban: C
 
7. Seorang guru baru saja mengimplementasikan model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) di kelasnya. Namun, beberapa siswa kesulitan bekerja sama dalam kelompok dan mengeluh bahwa tugas terlalu berat. Bagaimana Anda sebagai guru harus merespons situasi ini?
 
A. Memecah kelompok menjadi lebih kecil agar lebih mudah dikelola.
 
B. Memberikan penjelasan ulang tentang pentingnya kerja tim dan memberikan contoh konkret.
 
C. Mengurangi beban tugas untuk siswa yang mengeluh agar mereka tidak stres.
 
D. Melakukan refleksi bersama dengan siswa mengenai pengalaman mereka selama kegiatan berlangsung.
 
Jawaban: D
 
8. Anda diminta untuk menerapkan metode pembelajaran baru yang berbasis teknologi, tetapifasilitas di sekolah tidak memadai. Apa langkah terbaik yang dapat Anda ambil?
 
A. Menolak menerapkan metode baru sampai fasilitas memadai.
 
B. Menggunakan metode pembelajaran lain yang tidak memerlukan teknologi.
 
C. Mengajukan proposal pengadaan alat teknologi kepada pihak sekolah.
 
D. Mengadaptasi metode pembelajaran berbasis teknologi dengan sumber daya yang ada.
 
Jawaban: D
 
9. Seorang siswa sering terlambat mengumpulkan tugas, dan setelah ditanya, ia mengaku bahwa ia harus membantu orang tuanya bekerja setiap pagi. Apa tindakan yang sebaiknya Anda lakukan?
 
A. Memberikan dispensasi waktu khusus kepada siswa tersebut untuk mengumpulkan tugas.
 
B. Mengabaikan masalah tersebut karena alasan pribadi tidak boleh mengganggu tugas sekolah.
 
C. Mengajak siswa tersebut berbicara secara pribadi untuk mencari solusi bersama.
 
D. Mengurangi jumlah tugas yang diberikan kepada siswa tersebut agar ia tidak terlalu terbebani.
 
Jawaban: C
 
10. Seorang rekan guru mengeluh kepada Anda bahwa ia merasa tidak percaya diri dalam menggunakan teknologi untuk pembelajaran daring. Bagaimana Anda akan membantu rekan tersebut?
 
A. Menyarankan agar rekan tersebut mengikuti pelatihan teknologi yang disediakan sekolah.
 
B. Menawarkan untuk mengajarinya cara menggunakan teknologi secara langsung.
 
C. Mengabaikan masalah tersebut karena itu adalah tanggung jawabnya.
 
D. Menggantikan tugas mengajarnya secara daring sampai ia merasa siap.
 
11. Anda mendapati bahwa beberapa siswa sangat kesulitan dalam mengikuti pelajaran matematika. Apa yang sebaiknya Anda lakukan?
 
A. Memberikan tugas tambahan agar siswa dapat berlatih lebih banyak.
 
B. Mengadakan sesi remedial di luar jam pelajaran untuk siswa yang kesulitan.
 
C. Mengurangi tingkat kesulitan materi agar siswa lebih mudah memahaminya.