Find Us On Social Media :
Suasa di salah satu kampung nelayan di PPU. (Ist)

Desa Babulu Laut Ditetapkan Sebagai Kampung Nelayan Maju

Etty Hariyani - Rabu, 9 Oktober 2024 | 13:40 WIB

Sonora.ID - Desa Babulu Laut di Kabupaten Penajam Paser Utara telah ditetapkan sebagai Kampung Nelayan Maju oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP). Dengan menjadi Kampung Nelayan Maju, diharapkan kesejahteraan masyarakatnya pun meningkat.

Dinas Perikanan – Diskan Kabupaten Penajam Paser Utara pun mendorong terbentuknya Kampung Nelayan Modern di Benuo Taka, sebagai langkah maju peningkatan perekonomian masyarakat nelayan.

Kepala Diskan Kabupaten PPU - Rozihan Azward bersama Anggota DPRD Kabupaten PPU - Sujiati, saat ditemui di Desa Babulu Laut, Jumat (4/10/2024) juga mengusulkan Desa Tanjung Tengah Kecamatan Penajam menjadi Kampung Nelayan Moderen, karena masyarakatnya sudah siap. Usulan ini sudah diajukan sejak tahun 2023.

Adapun konsep Kampung Nelayan Modern merupakan upaya pemerintah untuk memenuhi fasilitas melalui pembangunan infrastruktur dan Kelurahan Tanjung Tengah diharapkan dilengkapi dengan semua fasilitas pendukung, seperti SPBU, pasar, sekolah dan pusat kuliner.

Baca Juga: Anggrek Hitam akan Susul Rusa Sambar jadi Ikon Kabupaten Penajam Paser Utara

Kampung Nelayan Modern merupakan konsep dari pemerintah pusat yang menjadi program KKP. Konsepnya cukup sederhana, di mana program ini akan mentransformasikan ruang hidup dan sosial para nelayan, sehingga mereka dapat menjalani hidup yang lebih baik, lebih produktif, dan lebih mandiri melalui pembangunan infrastruktur yang terukur.

Kampung Nelayan Modern juga merepresentasikan peningkatan kapasitas masyarakat dengan pendekatan Social Engineering atau rekayasa sosial untuk membangun manusia.

Harapannya, masyarakat nelayan dapat menyesuaikan diri dengan pola kehidupan baru dan cara menjalankan usaha yang lebih baik dan mampu memanfaatkan, merawat serta mengembangkan fasilitas berupa infrastruktur yang telah diberikan pemerintah. (Adv)