Find Us On Social Media :
Program Kemenkeu Mengajar di Ciwidey Kabupaten Bandung, Senin (7/10/2024). (Dok. KM Jabar. )

Di Jabar, Program Kemenkeu Mengajar Menyasar 9 Sekolah di Kabupaten Bandung

Indra Gunawan - Rabu, 9 Oktober 2024 | 15:15 WIB

Bandung, Sonora.ID  - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) kembali menghadirkan program Kemenkeu Mengajar ke 9 yang digelar serentak di seluruh Indonesia.

Di Jawa Barat, program ini direalisasikan di 9 (sembilan) sekolah, mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, hingga SLB yang ada di Ciwidey Kabupaten Bandung.

Dalam siaran persnya, Rabu (9/12024), Kepala Perwakilan Kemenkeu Jawa Barat, Kurniawan Nizar menyebut program ini memiliki peran dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

”Ketika generasi muda memahami pentingnya keuangan negara, mereka akan menjadi warga negara yang lebih bertanggung jawab, ini menciptakan siklus positif yang dapat mengubah masa depan bangsa," sebut Nizar yang juga Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak Jawa Barat I.

Menurutnya, kegiatan ini sekaligus mengedukasi dan memotivasi para siswa di Indonesia untuk terus meningkatkan semangat belajar melalui program Kemenkeu Mengajar (KM). 

Baca Juga: Kemenkeu Sambangi 6 Sekolah di Manado Edukasi Literasi Keuangan Negara

Sementara itu, Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Jawa Barat Finari Manan mengatakan, pendidikan adalah kunci utama membangun peradaban bangsa dan menyukseskan agenda pembangunan nasional. 

"Ini merupakan salah satu bentuk keseriusan pemerintah dalam dunia pendidikan. Tercermin dalam Undang-Undang APBN yang mengamanatkan 20 persen dari belanja negara wajib dialokasikan untuk pengembangan pendidikan," kata Finari.

”Kami percaya bahwa pendidikan bukan hanya mampu menambah pengetahuan baru, namun juga memberi kesempatan luar biasa bagi semua orang untuk mengubah kehidupan menjadi lebih baik," imbuhnya.

Finari berharap kegiatan KM ini dapat mengilhami para siswa untuk terus semangat belajar dan berjuang serta pantang menyerah dalam meraih cita-cita.

Tujuan digelarnya kegiatan yang mengangkat semangat #DariKamiUntukNegeri ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan para siswa tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), memperkenalkan profesi dan tugas di Kemenkeu, serta membangun kesadaran akan pentingnya literasi keuangan para generasi muda. Kegiatan KM ini juga diadakan sebagai rangkaian peringatan ke-78 Hari Oeang Republik Indonesia (HORI).

Diketahui program Kemenkeu Mengajar (KM) menyasar sembilan sekolah di Ciwidey Kabupateh Bandung. Ke sembilan sekolah itu yaitu SDN Cisarua, SDN Ciranjang 02, SDN Rancagede, SDN Babakan Tiga, SMPN 1 Ciwidey, SMPN 2 Ciwidey, SMPN 2 Pasir Jambu, SMAN 1 Ciwidey, dan SLB PGRI Pasir Jambu. 

Sebanyak 205 relawan mengikuti kegiatan yang bertema ”Peran APBN dalam Mewujudkan Kecerdasan, Kesehatan, dan Kesejahteraan”. 

Secara Nasional, Kemenkeu Mengajar ke-9 diselenggarakan secara serentak di berbagai sekolah di penjuru Indonesia, dengan total 327 sekolah termasuk Sekolah Luar Biasa (SLB) dan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN). 

Relawan Kemenkeu Mengajar ke-9 ada 8.333 orang yang terdiri dari para pejabat dan pegawai Kemenkeu, Special Mission Vehicle, dan Badan Layanan Umum di lingkungan Kemenkeu, serta mahasiswa PKN STAN.