Find Us On Social Media :
Pencanangan pembangunan zona integritas BPOM di Surakarta menuju Wilayah Bebas Korupsi (RIA-BPOM Ska)

Menuju WBK dan WBBM, Balai POM Surakarta Wujudkan Zona Integritas

Kresna Wicaksono - Rabu, 9 Oktober 2024 | 16:40 WIB

Surakarta,Sonora.ID - Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Surakarta mengadakan kegiatan pencanangan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Acara ini merupakan bagian dari upaya BPOM dalam mendukung reformasi birokrasi dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.


Kegiatan ini melibatkan 100 peserta, terdiri dari 68 peserta eksternal dan 33 anggota tim reformasi birokrasi internal BPOM Surakarta. Peserta eksternal meliputi berbagai instansi vertikal, pemerintah daerah, lembaga penegak hukum, organisasi profesi, perguruan tinggi, dan pelaku usaha. Beberapa di antaranya adalah Dinas Kesehatan, Kapolres, Badan Narkotika Nasional, Kejaksaan Negeri, serta Universitas Sebelas Maret dan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Selain itu, kegiatan ini juga diikuti secara daring oleh Kepala UPT Badan POM dan seluruh pegawai Balai POM di Surakarta.


Bertempat di Hotel Paragon, Rabu, 9 Oktober 2024. Kegiatan dilakukan secara luring di Hotel Paragon, Surakarta, dan juga melalui Zoom Meeting untuk peserta yang mengikuti secara daring.


Kegiatan pencanangan dan perkuatan komitmen ini bertujuan :
1. Terwujudnya komitmen bersama antara Balai POM di Surakarta dengan seluruh mitra kerja danstakeholder yaitu Instansi Vertikal, Pemerintah Daerah Kab/ Kota, Masyarakatyang diwakili oleh organisasi masyarakat, kepramukaan,Organisasi Profesi, Perguruan tinggi, dan Pelaku Usaha.
2. Terselenggaranya sosialisasi pencanangan RB di Lingkungan Balai POM di Surakarta, sehingga dapat meningkatkan nilai Reformasi Birokrasi dan mewujudkan Zona Integritas di Lingkungan Balai POM di Surakarta.
3. Tersusunnya dukungan dan pencanangan komitmen bersama Balai POM di Surakarta yang disaksikan oleh stakeholder eksternal.


Kegiatan pencanangan dilakukan dengan sosialisasi intensif kepada seluruh peserta, baik secara langsung maupun melalui platform digital. Komitmen bersama disusun dan disaksikan oleh seluruh stakeholder eksternal, dengan harapan dapat meningkatkan nilai reformasi birokrasi dan mewujudkan Zona Integritas di lingkungan Balai POM Surakarta.

Melalui pencanangan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM ini, diharapkan seluruh pihak, termasuk masyarakat, dapat memantau, mengawal, dan berpartisipasi dalam program reformasi birokrasi, khususnya di bidang pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik di Balai POM Surakarta.

Muhammad Fajar Arifin,S.Farm,Apt Kepala Balai POM di Surakarta menegaskan perlunya diambil langkah strategis dengan meningkatkan integritas dan Akuntabilitas , Peningkatan kualitas pelayanan publik, Pengawasan yang ketat dan Transparan, Pengembangan kapasitas dan kompetensi SDM, Pencegahan dan Penanganan Korupsi, Serta keterlibatan Publik dan Sosialisasi kepada masyarakat luas , ujarnya