Find Us On Social Media :
()

Buka Layanan Klinik Ekspor KPPBC TMP C Bitung Gelar Bimtek Bersama Disperindag Sulut di Kabupaten Mitra

- Rabu, 9 Oktober 2024 | 18:18 WIB

Minahasa Tenggara, Sonora.ID - Dalam rangka pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Bea Cukai Bitung bersama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulawesi Utara menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pelatihan Manajemen Ekspor Bagi Industri Kecil dan Menengah di Kabupaten Minahasa Tenggara yang dihadiri oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Minahasa Tenggara.

Acara dibuka oleh perwakilan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara, dalam sambutannya Jenny Soputan menjelaskan bahwa UMKM memiliki peran penting

"Dapat membuka lapangan kerja, mendukung perekonomian nasional, meningkatkan daya saing, dan menjawab kebutuhan masyarakat lokal," tuturnya.

Lebih lanjut Jenny menambahkan bahwa Peran UMKM memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap ekonomi masyarakat.

Selanjutnya penyampaian materi dari narasumber KPPBC TMP C Bitung, Fauzi Rachman yang menerangkan tentang Tatalaksana Kepabeanan Ekspor dan Dukungan Ekspor Bagi para pelaku UMKM.

Baca Juga: BI Sulut Beri Edukasi dan Tingkatkan Kesadaran Transaksi QRIS dalam Pemilihan Putra Putri Bitung (PPB) 2024

Fauzi juga menambahkan peran Bea Cukai dalam memberikan proses layanan ekspor serta prinsip-prinsip dasar pemenuhan kewajiban dalam rangka ekspor.

Selain itu Fauzi juga memaparkan tentang tantangan dan hambatan yang terjadi bagi para pelaku UMKM dan memberikan tips untuk menghadapi tantangan tersebut sehingga para pelaku umkm dapat meningkatan daya saing produknya pada pasar global.

Di sisi lain, Bea Cukai telah membuka layanan berupa “Klinik Ekspor” pada setiap Kantor Pelayanan Bea Cukai yang bertujuan untuk memberikan edukasi, literasi, asistensi dan koordinasi yang baik antara para pelaku umkm dengan petugas Bea Cukai.

Sinergi Bea Cukai dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan dalam Bimbingan Teknis ini diharapkan dapat dapat menjadi momentum strategis bagi pengusaha mikro, kecil dan menengah untuk mengembangkan potensi bisnis lebih baik serta memperluas wawasan, jejaring dan pengetahuan mengenai ekspor.

Penulis : Steve Rawis