Find Us On Social Media :
Ilustrasi tanggal 10 Oktober 2024. (Freepik)

Tanggal 10 Oktober 2024 Memperingati Apa? Ada Hari Kesehataan Mental

Selando Naendra Radicka - Kamis, 10 Oktober 2024 | 14:50 WIB

Sonora.ID - Berikut adalah paparan mengenai tanggal 10 Oktober 2024 memperingati hati apa, di mana salah satunya adalah Hari Kesehatan Mental Sedunia.

Pada tanggal 10 Oktober 2024, yang jatuh pada hari Kamis menurut kalender Masehi, terdapat sejumlah peringatan penting yang dirayakan secara internasional.

Meski di Indonesia tidak ada perayaan nasional pada tanggal ini, dunia internasional memperingati enam momen penting, yakni Hari Kesehatan Mental Sedunia, Hari Menentang Hukuman Mati Sedunia, Hari Tunawisma Sedunia, Hari Penglihatan Sedunia, Hari Kesadaran Kecelakaan Hewan Sedunia, serta Hari Inklusi.

Selain itu, 10 Oktober juga merupakan hari penting di negara lain, yaitu Hari Pemeriksaan Depresi Nasional.

Ingin tahu lebih banyak tentang sejarah dan keunikan peringatan-peringatan ini? Berikut penjelasannya!

Hari Kesehatan Mental Sedunia

Hari Kesehatan Mental Sedunia dirayakan secara global setiap tanggal 10 Oktober. Peringatan ini pertama kali diinisiasi oleh Federasi Kesehatan Mental Dunia (WFMH) pada tahun 1992.

Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat global akan pentingnya kesehatan mental.

Mengutip dari World Health Organization (WHO), kesehatan mental adalah hak asasi setiap individu yang penting untuk kesejahteraan secara keseluruhan.

Sayangnya, satu dari delapan orang di dunia menghadapi gangguan kesehatan mental, yang memengaruhi aspek-aspek kehidupan mereka, termasuk kesehatan fisik, kesejahteraan, hubungan sosial, dan mata pencaharian.

Demikian paparan mengenai tanggal 10 Oktober 2024 memperingati hati apa di mana salah satunya adalah Hari Kesehatan Mental Sedunia sebagaimana di atas.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Baca Juga: Tanggal Baik untuk Menikah Tahun 2025 Menurut Kalender Cina, Simak!