Find Us On Social Media :
Batu Shining Orchid Week. (Sonora.ID/Akhmad Ibra)

Pamerkan Keberagaman Anggrek Asli Indonesia, Batu Shining Orchid Week Menjadi Sorotan Pecinta Anggrek

- Kamis, 10 Oktober 2024 | 12:20 WIB

Batu, Sonora.ID - Kota Batu kembali menjadi sorotan nasional dengan digelarnya Batu Shining Orchid Week, sebuah festival tahunan yang menampilkan kecantikan dan keberagaman anggrek dari berbagai daerah di Indonesia.

Festival ini berlangsung dari tanggal 5 hingga 13 Oktober 2024, bertempat di Balai Kota Among Tani, Kota Batu.

Sebagai rangkaian acara Hari Jadi Kota Wisata Batu ke-23, Batu tidak hanya menampilkan pesona alamnya yang asri, namun juga membuka kesempatan jejaring dengan menyediakan tempat berkumpulnya para pecinta dan kolektor anggrek dari seluruh penjuru nusantara.

Rangkaian acara festival ini sangat beragam, dengan salah satu sorotan utamanya adalah lomba hias anggrek yang menampilkan kreativitas dalam merangkai dan menghias bunga anggrek.

Baca Juga: Paman Birin Pimpin Peletakan Batu Pertama Pembangunan Kantor KPU dan Bawaslu Kalsel

Peserta yang terdiri dari individu hingga komunitas pecinta anggrek berkompetisi menunjukkan karya terbaik mereka.

“Selain bazar anggrek, di dalam juga ada pameran hias anggrek yang dilombakan. Salah satu pemenangnya dari Pecinta Anggrek Indonesia DPD Bali, yang menggabungkan hiasan anggrek dengan budaya asli lokal, barong,” tutur salah satu peserta bazar anggrek.

Selain lomba, festival ini juga menyuguhkan bazar penjualan anggrek yang menawarkan berbagai jenis anggrek langka dan eksotis.

Bagi para pengunjung yang ingin memulai atau menambah koleksi anggrek, ini adalah kesempatan emas untuk berburu anggrek berkualitas langsung dari para petani dan kolektor.