Find Us On Social Media :
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Penajam Paser Utara (PPU) Safwana mengatakan, coastal road akan menjadi salah satu ikon warga untuk berkumpul selain Alun-Alun depan Kantor Bupati PPU. (Ist)

Kadis DLH Sebut Costal Road Penajam akan Jadi Tempat Berkumpul, Pohon Peneduh Mulai Ditanam

Etty Hariyani - Kamis, 10 Oktober 2024 | 12:30 WIB

Penajam, Sonora.ID – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Penajam Paser Utara (PPU) Safwana mengatakan, coastal road akan menjadi salah satu ikon warga untuk berkumpul selain Alun-Alun depan Kantor Bupati PPU.

Hal ini akan dilakuka setelah Penjabat Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Muhammad Zainal Arifin mulai membenahi median jalan coastal road yang berada di Kelurahan Nipah-Nipah dan Kelurahan Sungai Parit, Kecamatan Penajam.

Pembenahan ini telah dilaksanakan Lauching Gerakan Akselerasi Serambi Nusantara “Beautifikasi Coatal Road” pada tanggal 5 Oktober 2024 di Rumah Jabatan Bupati Penajam Paser Utara di Kelurahan Sungai Parit. Kecamatan Penajam, yang dihadiri oleh Para Assisten, Kepala OPD, Camat dan Lurah se Kab. PPU , Perusahaan dan Perbankan, dengan meminta kepada masing-masing OPD , Instansi Vertikal, PDAM , Perbankan dan Perusahaan untuk menanam tanaman peneduh di sepanjang jalan Coastal Road dan Akses Road sepanjang 5.839 Meter terdiri dari 114 segmen .

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Penajam Paser Utara (PPU), Safwana menjelaskan, seluruh Perusahaan Lokal, OPD, BUMN, BUMD, PERBANKAN dan Pihak Swasta untuk bersama sama menanam pohon peneduh sepanjang coastal road dan akses road,
Ia menjelaskan, bahwa setiap SKPD dibagi segmen untuk ditanami pohon.

Baca Juga: Tingkatkan Produksi Budidaya Kepiting, Dinas Perikanan & DPRD Kabupaten PPU Beri Bantuan Ke Pokdakan

“Ada OPD yang diberikan 1 (satu) sepanjang 50 meter dan ada juga yg lebih dari 1 (satu) segnen untuk ditanami pohon. Nah segmen itu lah yang menjadi tanggung jawab dia untuk dirawat,” katanya.

Bukan hanya itu lanjutnya, selama 2 bulan nanti masing-masing segmen akan dilakukan penilaian dan akan diberikan penghargaan.
Safwana mengatakan bahwa program yang digagas Pj Bupati PPU Muhammad Zainal Arifin ini sangat bagus, karena nantinya coastal road dan akses road akan menjadi teduh.

Bahkan coastal road dan akses road akan menjadi ikon dan tempat berkumpul warga selain Alun-Alun Penajam depan Kantor Bupati PPU.

“Nanti seperti alun-alun menjadi alternatif warga untuk berkumpul,” ujarnya.
Memgenai pohon, ia mengatakan selain disiapkan Dinas Perkimtan juga dari Persemaian Mentawir.

Namun demikian, meski sudah dibagi segmen masing-masing SKPD namun DLH PPU tetap memiliki tanggung jawab minimal menyiram tanaman tersebut setiap hari Bersama Perkimtan.

“Kami akan bantu siram setiap hari. Yang jelas penanaman pohon di coastal road ini sangat bagus dan akan menjadi teduh dan salah satu alternatif warga untuk berkumpul,” ujarnya. (Adv/DLH PPU)