Find Us On Social Media :
Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Muhammad Zainal Arifin Mendampingi Pj Gubernur Kalimantan timur (Kaltim), Akmal Malik meninjau lokasi budidaya rumput laut Gracilaria di desa labangka kecamatan Babulu kabupaten PPU dan desa Maruat Kecamatan longkali Kabupaten Paser. Rabu (09/10/2024). (Ist)

Perkuat Potensi Lokal Pj Gubernur Kaltim Meninjau Pengembangan Rumput laut Gracilaria

Etty Hariyani - Kamis, 10 Oktober 2024 | 18:00 WIB

Penajam, Sonora.ID - Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Muhammad Zainal Arifin Mendampingi Pj Gubernur Kalimantan timur (Kaltim), Akmal Malik meninjau lokasi budidaya rumput laut Gracilaria di desa labangka kecamatan Babulu kabupaten PPU dan desa Maruat Kecamatan longkali Kabupaten Paser. Rabu (09/10/2024)

Pj Gubernur Kalimantan timur (Kaltim), Akmal Malik, mengatakan potensi budidaya rumput laut Gracilaria di dua daerah ini sangat menjanjikan.

Melihat hasil dari 1 kawasan empang yang ada di Maruat, dengan luasan tujuh hektar bisa menghasilkan puluhan juta sekali panen.

Lanjut Akmal mengungkapkan keuntungan ini masih dapat ditingkatkan, karena masyarakat masih menjual rumput laut dalam bentuk mentah.

Baca Juga: Kadis DLH Sebut Costal Road Penajam akan Jadi Tempat Berkumpul, Pohon Peneduh Mulai Ditanam

Kita berharap ke depannya bisa mengolah produk ini agar memberikan nilai tambah yang lebih besar bagi masyarakat tentu diperlukan kerjasama antara pemkab PPU dan pemkab Paser. "ucapnya

Menanggapi hal tersebut,Pj Bupati PPU, Muhammad Zainal Arifin mengungkapkan ini langkah awal dalam memperkuat perekonomian desa melalui pengembangan potensi lokal

Tentu dengan memperhatikan peningkatkan hasil panen maupun produk yang dihasilkan petani rumput laut khususnya di desa labangka

Pemerintah akan berperan aktif dalam penyediaan fasilitas pendukung pengolahan agar produk yang dihasilkan sesuai dengan standar pasar internasional.

Serta peningkatan keterampilan sumber daya manusia (SDM) melalui pelatihan bagi para petani untuk menghadapi peluang pasar global."pungkasnya. (Adv/Diskominfo PPU)