Find Us On Social Media :
Ilustrasi energi hijau. ()

Gandeng PLN Icon Plus, PLN Perluas Layanan Digital Dan Energi Hijau

Indra Gunawan - Kamis, 10 Oktober 2024 | 23:23 WIB

Jakarta, Sonora.ID - Sinergi antara PT PLN (Persero) dan anak perusahaannya, PLN Icon Plus, terus diperkuat guna memperluas layanan digital dan mendukung pengembangan energi hijau di Indonesia. 

Kerjasama yang terjalin sejak akhir September lalu ini menyepakati adanya perluasan produk layanan PLN Icon Plus, seperti layanan Smart and Green Solution (Internet, PV Rooftop, EV Ecosystem, IoT, Smart Home) sebagai layanan pendukung kelistrikan (Beyond kWh) PLN.

"Ini menjadi pilar penting dalam mendukung transformasi PLN menjadi perusahaan energi terdepan yang berkomitmen pada digitalisasi dan keberlanjutan," ucap Direktur Utama PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi, dikutip dari siaran persnya, Kamis (10/10/2024).

"Sinergi strategis ini juga bertujuan untuk memperluas layanan internet dan digital di berbagai daerah. Dengan inisiatif ini, PLN dan PLN Icon Plus tidak hanya berfokus pada aspek kelistrikan, tetapi juga pada penyediaan solusi digital yang mendukung transformasi menuju ekonomi yang lebih hijau dan berkelanjutan di Indonesia," sebut Ari Rahmat.

Lebih lanjut disampaikan, transformasi PLN menuju Global Top 500 tidak hanya berfokus pada inovasi di bidang kelistrikan, tetapi juga pada sinergi yang kuat antar unit usaha di PLN Group, termasuk PLN Icon Plus. 

Baca Juga: 5 Pengemudi Ojol Prasejahtera Peroleh Motor Listrik di PLN Electric Run 2024 

Dalam kerja sama ini, PLN Icon Plus berperan penting dalam penyediaan layanan Smart and Green Solution yang mendukung tercapainya visi tersebut. 

"Upaya ini bertujuan untuk memberikan layanan yang lebih komprehensif dan optimal bagi para pelanggan, seperti koneksi digital yang andal dan solusi energi hijau," ungkap Ari Rahmat.

Sejak program pemasaran bersama ini diluncurkan pada akhir tahun 2023, PLN dan PLN Icon Plus telah mencatatkan berbagai capaian signifikan. Pada tahun 2023, tercatat pencapaian signifikan, dimana lebih dari 30 pelanggan baru telah bergabung dengan pencapaian lebih dari Rp 1 miliar untuk layanan internet yang dijalankan secara andal, belum lagi dari sektor layanan PLTS Atap dan EV Charging yang terus berkembang.

“Kerjasama ini merupakan langkah strategis dalam memperkuat posisi PLN Icon Plus sebagai penyedia solusi digital terdepan di Indonesia. Dengan integrasi layanan Smart and Green Solution, kami siap mendukung PLN menuju Global Top 500," tegas Ari Rahmat.

"Kami percaya bahwa sinergi ini memberikan dampak positif bagi pelanggan dengan menghadirkan solusi yang komprehensif dan sesuai dengan perkembangan teknologi serta kebutuhan energi berkelanjutan," ungkap Ari Rahmat.

Sementara itu, General Manager PLN Icon Plus SBU Regional Jawa Barat Wuri Yulianto mengatakan, kerja sama pemasaran bersama akan memperluas cakupan bisnis PLN Group. 

"Dari sebelumnya hanya dikenal sebagai perusahaan listrik, kini bertransformasi menjadi perusahaan energi yang mampu menghadirkan digital and green energy solutions bagi pelanggan," kata Wuri.

Kolaborasi antara PT PLN (Persero) dan PLN Icon Plus menegaskan komitmen dalam menghadirkan solusi energi berkelanjutan dan layanan digital yang inovatif kepada masyarakat. 

"Kerja sama ini diharapkan mampu memperkuat ekosistem energi hijau dan mendukung transformasi digital di Indonesia," pungkas Wuri.