Find Us On Social Media :
Kunci jawaban PKN Kelas 8 halaman 20 Kurikulum Merdeka. (Tangkapan layar)

Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 20 Kurikulum Merdeka: Soal Cerita

Nisa Hayyu Rahmia - Jumat, 11 Oktober 2024 | 15:25 WIB

Sonora.ID - Berikut ini kunci jawaban PKN Kelas 8 halaman 20 Kurikulum Merdeka yang memuat tiga soal cerita.

Soal cerita ini berupa situasi sehari-hari yang berkaitan dengan penerapan nilai-nilai Pancasila, seperti contoh masalah sosial atau interaksi antarindividu.

Siswa diajak untuk memposisikan diri dan memahami bagaimana cara menerapkan prinsip-prinsip Pancasila dalam kehidupan nyata.

Buku yang digunakan adalah buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKN) Kelas VIII oleh Muhammad Sapei, dkk. (2021).

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 87 Kurikulum Merdeka

Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 20 Kurikulum Merdeka

1. Rita sudah tiga hari tidak masuk sekolah. Ketua kelas mengusulkan untuk menjenguk Rita. Semua pengurus kelas setuju. Sepulang sekolah, mereka menuju rumah Rita untuk menjenguk. Mereka membawa jeruk dua kilogram sebagai buah tangan. Sesampainya di rumah Rita, semua masuk ke ruang tamu rumah Rita. Hanya, Sella yang tidak masuk. Ia memilih menunggu di teras. Rupanya, Sella merasa minder untuk masuk rumah Rita yang megah. Rita pernah meledek Sella sebagai anak miskin.

Jika kamu sebagai ketua kelas, bagaimana cara kamu mengajak Sella agar mau masuk ke ruang tamu rumah Rita? Jelaskan nilai-nilai Pancasila yang berhubungan dengan peristiwa tersebut!

Jawaban:

Sebagai ketua kelas, saya akan mendekati Sella dengan ramah dan meyakinkannya bahwa ia diterima seperti teman-teman lainnya. Saya akan menjelaskan bahwa kita tidak boleh merasa rendah diri hanya karena perbedaan kondisi ekonomi, karena setiap orang memiliki hak dan martabat yang sama.