Find Us On Social Media :
PetroChina raih penghargaan ajang Subroto Award 2024 (Dok Istimewa)

PetroChina International Jabung Raih Penghargaan Subroto 2024 Pada Kelompok Kepatuhan Kewajiban terhadap Penerimaan Negara.

Jumar Sudiyana - Jumat, 11 Oktober 2024 | 15:31 WIB

Jakarta,Sonora.Id - PetroChina International Jabung Ltd meraih Penghargaan Subroto 2024 untuk Kelompok Kepatuhan Kewajiban terhadap Penerimaan Negara di Jakarta, Kamis malam (10/10).

Penghargaan Subroto merupakan penghargaan tertinggi dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kepada para pemangku kepentingan yang berperan dalam memajukan sektor energi dan sumber daya mineral dalam kurun satu tahun terakhir.

PetroChina International Jabung Ltd meraih penghargaan atas Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan Kinerja Keuangan Hulu Migas KKKS dengan Produksi Minyak dan Gas Bumi di Bawah 100.000 BOEPD.

Penghargaan Subroto 2024 diterima oleh President Director PetroChina International Jabung Ltd Qian Mingyang didampingi VP Business Support Gusminar dan Ida Royani selaku Act. General Manager Jabung yang secara simbolis diserahkan oleh Menteri ESDM Bahlil Lahadalia, dalam acara Malam Puncak HUT Ke-79 Pertambangan dan Energi, yang dihadiri Presiden Joko Widodo, di Ballroom Kempinski Hotel, Jakarta, Kamis malam.

Presiden Jokowi dalam sambutannya menyampaikan sektor ESDM merupakan sektor yang sangat strategis dan memiliki potensi sangat besar dan memiliki multiplier effect atau efek pengali yang besar bagi perekonomian nasional.

"Kita tahu dari 2014 sampai hari ini PNBP yang diterima negara dari ESDM, berarti dalam 10 tahun, besar sekali kurang lebih Rp1.800 triliun. Kalau melihat dua tahun yang lalu pada 2022 itu Rp348 triliun, kemudian 2023 itu Rp 229 triliun. Sangat besar sekali," kata Presiden.

Presiden juga mengatakan, nilai tambah sektor ESDM sangat penting, karena nilainya sangat besar sehingga nilai tambah itu harus dikelola di dalam negeri.

Atas penganugerahan Subroto Award 2024 tersebut, President Director PetroChina International Jabung Ltd Qian Mingyang menyatakan, pihaknya bersyukur dan merasa terhormat kembali menerima penghargaan Subroto untuk kontribusi PetroChina Jabung dalam penerimaan negara bukan pajak.

"Tantangan pengelolaan wilayah kerja migas semakin besar, termasuk di Jabung. Kita perlu meningkatkan kegiatan eksplorasi secara masif untuk memastikan ketersediaan cadangan produksi. Di sisi lain, kita juga harus cermat merespon perkembangan transisi energi, tanggung jawab lingkungan dan tanggung jawab sosial," ujar Qian Mingyang menanggapi pertanyaan wartawan usai menerima penghargaan.

Qian Mingyang menambahkan, dengan dukungan dari pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya, PetroChina akan terus mengembangkan Jabung dengan maksimal dan berkontribusi pada pembangunan.

Diketahui, penghargaan Soebroto Tahun 2024 kali ini terasa lebih istimewa selain dihadiri langsung Presiden Republik Indonesia Joko Widodo juga di hadiri Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dan beberapa Menteri dan Wakil Menteri ESDM pendahulu seperti, Jero Wacik, Ignasius Jonan Archandra Tahar, Chaerul Tanjung Tanjung dan Susilo Siswo Utomo.