Find Us On Social Media :
Perbaikan dan perawatan jalur KA di perlintasan Cikudapateuh, Kamis (10/10/2024). (Dok. Humas Daop 2 Bandung.)

Jaga Keandalan & Kenyamanan Perjalanan Kereta, Daop 2 Cek Rel Perlintasan Cikudapateuh  

Indra Gunawan - Jumat, 11 Oktober 2024 | 18:45 WIB

Bandung, Sonora.ID - Untuk menjaga keandalan dan kenyamanan perjalanan kereta api (KA), PT KAI Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung, rutin melakukan pengecekan jalur rel KA.

Seperti yang dilakukan pada Jumat (11/10/2024), tim pemeriksa jalur rel Daop 2 melakukan pemeriksaan dan perbaikan jalur rel KA di Jalan Ahmad Yani KM 157+6/7 Jalur Hulu dan hilir.

"Pemeriksaan dan perbaikan jalur rel KA ini kami lakukan selama tiga hari, tepatnya dari sejak tanggal 9, 10, dan 11 Oktober 2024 mulai pukul 23.00 WIB," ucap Manager Humas Daop 2 Bandung Ayep Hanapi di Stasiun Cikudapateuh Bandung, Jumat (11/10/2024).

"Ini merupakan program rutin kami terkait kelayakan jalan rel terutama dari sisi keamanan. Perbaikan dilakukan untuk menyamakan ketinggian geometri rel yang berada di tengah jalan di Jalan Ahmad Yani," ungkap Ayep.

Menurutnya, geometri rel yang berada di tengah-tengah jalan itu ketinggiannya tidak sama dengan kanan dan kiri rel di perlintasan tersebut, dan hal tersebut membahayakan perjalanan kereta api saat melintas.

Baca Juga: Agar Semakin Handal Melayani Pelanggan, Daop 2 Bandung Siapkan 24 Lokomotif

"Jadi untuk menyamakan ketinggian gemoteri, dilakukan pengangkatan tubuh badan rel di perlintasan tadi agar ketinggiannya sama dengan rel yang di kanan dan kiri sebelum jalan raya," tutur Ayep.

Ayep menjelaskan, pekerjaan perbaikan perlintasan meliputi penggantian bantalan, pengurasan dan penggantian batu ballast (kricak), pengangkatan rel agar geometrinya sama dengan geometri rel di sisi kanan dan kiri perlintasan sebidang tersebut, pemasangan blok rel, hingga pengaspalan kembali.

“Untuk itu Kami mengimbau pengguna jalan yang melewati area yang diperbaiki agar lebih berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan. Karena selain ada penumpukan material, juga ada lalu-lalang pekerja proyek,” jelas Ayep.

Ayep kembali menjelaskan, secara keseluruhan, perbaikan itu akan memakan waktu cukup panjang. Karena setelah pembongkaran dilakukan, harus menunggu waktu sekitar 7 hari untuk dilakukan pengaspalan, dengan demikian dalam beberapa hari ke depan, lalu lintas pada beberapa perlintasan sebidang akan sedikit mengalami kepadatan.

Selama perbaikan, lanjut Ayep, Daop 2 memastikan tidak ada penutupan jalan karena yang digunakan untuk perbaikan adalah separuh ruas jalan. Sementara separuh badan jalan sisanya masih bisa dilintasi pengguna jalan.

Ayep juga mengimbau kepada pengguna jalan yang melintas selama perbaikan rel untuk berhati-hati. Selama pengerjaan kondisi jalan tidak sebagus biasanya, bagi pengendara roda 2 yang akan melintas supaya lebih berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan,” tutup Ayep.