Find Us On Social Media :
Kondisi Banjir pada Kamis, 10 Oktober lalu di Desa Suka Karya, Kabupaten Ketapang. (BPBD Kab. Ketapang)

BPBD Provinsi Rilis Kondisi Terkini Banjir di Ketapang

Wilhelmus Triputra - Minggu, 13 Oktober 2024 | 08:17 WIB

Ketapang, Sonora.ID - BPBD provinsi Kalbar merilis Situasi banjir terkini di Kabupaten Ketapang. Seperti diketahui bahwa kejadian bencana banjir terjadi sejak Rabu, 9 Okober 2024 sekitar pukul 05.00 WIB.

Saat ini sesuai update terkini kondisi terakhir air masih berpotensi naik dan wilayah terdampak berpotensi meluas ke dua desa. Hal itu berdasarkan laporan yang disampaikan pada pukul 22.30 WIB.

Sementara itu desa yang terkena dampak dari bencana banjir tersebut yakni; Desa Suka Karya, 992 KK/3000 jiwa. Untuk ketinggian air di dalam rumah warga mencapai 20 - 35 cm, di badan jalan 20-25 cm, di halaman rumah warga 70-110 cm.

Kemudian Desa Rinjani Jaya untuk warga yang terdampak yaitu 283 KK/853 jiwa. Kondisi air di dalam rumah warga masih aman sedangkan di halaman rumag warga ketinggian air 90 - 100 cm, badan jalan 20 - 25 cm.

Pemerintah Kabupaten Ketapang sudah memberikan banruan kebutuhan dasar yang dibutuhkan oleh warga yang terdampak. Pemerintah dalam hal ini juga sudah menyiapkan tempat pengungsian.

Baca Juga: PKS Resmi Usung Paslon Farhan - Leo di Pilkada Ketapang

Saat ini BPBD Provinsi Kalimantan Barat tetap berkoordinasi dan memonitor upaya - upaya penanggulan yang dilakukan. BPBD Provinsi Kalbar juga mendorong seluruh warga; masyarakat, pelaku usaha, serta Organisasi masyarakat di Kabupaten Ketapang bersama - sama pemerintah untuk bergotong - royong melakukan upaya penanggulangan sesuai kapasitas masing - masing.