Find Us On Social Media :
Penandatanganan komitmen bersama Gerakan Pontianak Tanpa Kantong Plastik di Area CFD. (Kominfo/Prokopim)

Pontianak Targetkan Bebas Sampah Plastik Tahun 2030

Wilhelmus Triputra - Senin, 14 Oktober 2024 | 11:30 WIB

Pontianak, Sonora.ID - Pemerintah Kota Pontianak semakin serius dalam menjaga lingkungan dengan meluncurkan Gerakan Tanpa Plastik.

Aksi perdana ini dihelat di Car Free Day (CFD) yang berlangsung di Jalan Ahmad Yani pada Minggu, 13 Oktober 2024.

Penjabat Wali Kota Pontianak, Ani Sofian, secara simbolis membagikan tas belanja ramah lingkungan kepada masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Ani Sofian mengungkapkan bahwa Pontianak menjadi kota kelima di Indonesia yang mengadopsi inisiatif ini.

Ia mengajak seluruh warga untuk berpartisipasi aktif dan mulai meninggalkan penggunaan kantong plastik dalam kegiatan belanja sehari-hari.

Baca Juga: Semarak Jalan Sehat Hari Jadi Kota Pontianak ke-253

Gerakan ini diharapkan dapat mengurangi dampak negatif plastik terhadap lingkungan dan mendorong masyarakat untuk lebih peduli pada keberlanjutan.

“Mudah-mudahan kita bisa menjaga lingkungan Kota Pontianak semakin bersih dan sehat. Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, maka kita bisa melaksanakan aktivitas produktif,” katanya, usai melakukan penandatanganan komitmen diikuti pelaku ritel, kepala dinas dan masyarakat.

Meski masih dalam tahap sosialisasi, Ani Sofian mengapresiasi para pelaku usaha ritel khususnya, atas komitmen untuk tidak menyediakan kantong plastik sebagai tas belanja.

Ia menyebut, sebelumnya Pemkot Pontianak telah menerbitkan Peraturan Wali Kota (Perwa) Nomor 06 Tahun 2019 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik.