Find Us On Social Media :
Kumpulan contoh teks eksposisi pertentangan yang pendek, singkat, beragam tema, dan sesuai struktur. (Freepik)

6 Contoh Teks Eksposisi Pertentangan: Beragam Tema, Sesuai Struktur

Arista Estiningtyas - Senin, 14 Oktober 2024 | 15:14 WIB

Sonora.ID - Teks eksposisi adalah suatu jenis teks ilmiah yang proses pengembangan paragraf dalam penulisannya dituliskan dengan tujuan untuk memberikan pengertian serta penjelasan dengan menggunakan gaya bahasa yang singkat, padat, jelas, serta akurat.

Sama halnya dengan teks lainnya, teks eksposisi memiliki struktur teks yang disusun terdiri atas tesis (pembuka), argumentasi (isi), dan penegasan ulang.

  1. Tesis: Dapat berupa pengenalan suatu masalah, pengenalan isu, atau pertanyaan umum yang akan menggiring para pembaca untuk dapat memahami inti dari masalah yang hendak (akan) disampaikan.
  2. Argumentasi: Point-point serta hal-hal penting yang berada dalam teks eksposisi. Isi dari bagian ini dapat berupa ide-ide pikiran yang ingin diutarakan oleh penulis kepada para pembaca dari masalah yang dibahas.
  3. Penegasan Ulang: Berisikan pengulangan beberapa pernyataan yang telah disampaikan yang bertujuan untuk meyakinkan para pembaca terkait kebenaran pada bagian pernyataan (tesis).

Teks eksposisi ini dibagi menjadi beberapa jenis, yakni teks eksposisi definisi, teks eksposisi proses, teks eksposisi ilustrasi, teks eksposisi laporan, teks eksposisi perbandingan, dan teks eksposisi pertentangan.

Dalam artikel ini kami sajikan contoh teks eksposisi pertentangan yang singkat, beragam tema, dan sesuai struktur, dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: 15 Contoh Teks Eksposisi Beragam Tema, Pendek, dan Strukturnya

Teks Eksposisi Pertentangan

Teks eksposisi pertentangan adalah bentuk teks yang mengandung perlawanan terhadap beberapa keadaan atau kejadian yang berbeda.

Poin terpenting dalam teks eksposisi pertentangan terletak pada hal yang berlawanan menerangkan kelebihan dari masing-masing.

Contoh Teks Eksposisi Pertentangan

Contoh 1