Find Us On Social Media :
Wakapolda Kalbar, Brigjen Pol. Roma Hutajulu, S.I.K., M.Si., Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Tahun 2024. (Sonora/Wilhelmus Triputra)

Operasi Zebra Kapuas Tahun 2024, Polda Kalbar Tekankan Upaya Preventif dan Prehensif

Wilhelmus Triputra - Senin, 14 Oktober 2024 | 19:10 WIB

Pontianak, Sonora.ID - Polda Kalimantan Barat mengadakan Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Kapuas Tahun 2024 yang digelar pada Senin pagi (14/10/2024) di Lapangan Jananuraga Lolda Kalbar.

Apel tersebut salah satunya digelar dalam rangka mendukung suksesnya pelantikan Presiden serta mengajak masyarakat untuk tertib berlalu lintas demi terwujudnya Kamseltibcarlantas yang aman dan nyaman.

Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Kapuas Tahun 2024 tersebut dipimpin langsung oleh Wakapolda Kalbar, Brigjen Pol. Roma Hutajulu, S.I.K.,M.Si. Saat ditemui usai kegiatan Wakapolda mengatakan sebanyak 570 gabungan personel akan dilibatkan dalam pengamanan Operasi Zebra.

"Sebanyak 570 gabungan personel akan dikerahkan dalam pengamanan Operasi Zebra yang terdiri dari TNI, Polri, dan Stakeholder terkait diantaranya, Dishub, LLAJ, "ungkap Brigjen Pol. Roma Hutajulu.

Semua personel akan bergerak di lapangan secara masif melakukan sosialisaai dan edukasi terkait dengan ketertiban lalu lintas.

Baca Juga: Kapolri Resmikan Pembangunan Sumur Bor dan Filtrasi Air Bersih Layak Minum

Wakapolda menekankan kepada masyarakat akan pentingnya kesadaran tertib berlalu lintas.

Dalam operasi ini dibagi menjadi beberapa satgas yaitu Satgas Prehentif yang lebih kepada sosialisasi dan edukasi kesadaran berlalu lintas, Satgas Preventiv yang lebih kepada peraturan-peraturan dan patroli dan Satgas Penindakan yang lebih kepada razia baik stationer maupun mobile.

Dia juga berharap dengan tingkat ketertiban lalu lintas bisa diperbandingkan antara 14 hari operasi zebra tahun lalu dengan tahun ini, apakah trennya naik atau turun.

"Harapan kami bisa turun, dengan mekanisme kesadaran bukan dengan mekanisme penindakan. Karena itu yang kita kedepankan adalah operasi pemeliharaan Kamtibmas dengan mengedepankan usaha atau upaya prehensif dan preventif dulu, baru kemudian di ujungnya, penindakan," ungkapnya.