Sonora.ID - Artikel kali ini akan membahas tentang kunci jawaban modul 2 topik 3 PPG 2024 tentang bagaimana mewujudkan psikologis warga sekolah untuk disimak.
Contoh soal modul 2 topik 3 ini dapat dijadikan sebagai referensi oleh para guru untuk belajar sebelum mengikuti pelatihan PPG.
Soal yang akan muncul pada modul 2 topik 3 ini adalah tentang 'Bagaimana Mewujudkan Psikologis Warga Sekolah'.
Berikut Sonora ID bagikan kunci jawaban modul 2 topik 3 PPG 2024 yang dapat dijadikan sebagai referensi belajar.
Baca Juga: 3 Contoh Studi Kasus PPG Daljab 2024 untuk SMP dan SMA Terlengkap
1. "Keadaan emosi berkelanjutan yang ditandai dengan suasana hati dan sikap positif, hubungan positif dengan peserta didik dan guru lain, ketahanan, optimalisasi diri, dan tingkat kepuasan yang tinggi terhadap pengalaman belajar mereka di sekolah." Definisi yang disampaikan di atas merupakan definisi dari:
- Kesejahteraan psikologis peserta didik (student wellbeing)
- Pembelajaran sosial dan emosional
- Kesadaran diri
- Kesadaran sosial
- Pengelolaan diri
Jawaban: Kesejahteraan psikologis peserta didik (student wellbeing)
2. Meningkatkan kesejahteraan psikologis warga sekolah dapat diwujudkan melalui komitmen kita sebagai seorang pendidik untuk meningkatkan keterampilan sosial emosional diri kita sendiri sebagai orang dewasa. CASEL menjelaskan bahwa pengembangan keterampilan sosial emosional oleh orang dewasa di sekolah dapat dilakukan melalui 3 upaya yaitu:
- Menjadi teladan, refleksi berkelanjutan, dan berbagi
- Belajar, berkolaborasi dan berbagi
- Berkolaborasi, belajar, dan menjadi teladan
- Menjadi teladan, belajar dan berefleksi
- Refleksi, berkolaborasi dan berdiskusi
Jawaban: Berkolaborasi, belajar, dan menjadi teladan
3. Guru dapat melakukan upaya belajar untuk meningkatkan keterampilan sosial emosional dirinya sendiri. Salah satu upaya belajar yang dapat dilakukan oleh guru di antaranya adalah:
- Dengan melakukan refleksi terhadap keterampilan sosial dan emosional pribadi/dirinya sendiri.
- Dengan berupaya mengembangkan kapasitas orang lain untuk memiliki dan menerapkan kompetensi sosial emosional.
- Dengan berkolaborasi dengan Sesama Pendidik
- Dengan mengajarkan Keterampilan Sosial dan Emosional di Antara Teman Sejawat
- Dengan terkoneksi dengan Peserta Didik
Jawaban: Dengan melakukan refleksi terhadap keterampilan sosial dan emosional pribadi/dirinya sendiri.
4. Guru dapat melakukan upaya berkolaborasi untuk meningkatkan keterampilan sosial emosional dirinya sendiri. Berikut ini, mana yang bukan termasuk contoh upaya berkolaborasi tersebut?