Find Us On Social Media :
Kebun Raya Purwodadi merayakan momen istimewa dengan mekarnya bunga langka Amorphophallus titanum, yang dikenal juga sebagai Bunga Bangkai pada Minggu (13/10/2024). (Dok. Kebun Raya Purwodadi)

Bunga Langka Amorphophallus Titanum Mekar di Kebun Raya Purwodadi Pertama Kali

- Rabu, 16 Oktober 2024 | 11:45 WIB

Purwodadi, Sonora.ID – Kebun Raya Purwodadi merayakan momen istimewa dengan mekarnya bunga langka Amorphophallus titanum, yang dikenal juga sebagai Bunga Bangkai.

Ini adalah kali pertama tanaman tersebut mekar di kebun tersebut, setelah periode dormansi panjang.

Peristiwa langka ini dimulai pada Minggu, 13 Oktober 2024, pukul 10.00 WIB.

Amorphophallus titanum adalah tanaman raksasa yang berasal dari hutan hujan Sumatera dan termasuk dalam keluarga Araceae (keluarga talas-talasan).

Mekarnya bunga ini menjadi daya tarik utama karena perbungaan besar yang dikenal sebagai salah satu yang terbesar di dunia, serta aromanya yang sangat menyengat seperti bau daging membusuk.

Baca Juga: Disdik dan DPPKB Kab. Malang Adakan SSK sebagai Terobosan Pencegahan Pernikahan Dini

Aroma ini menarik lalat dan kumbang pemakan bangkai untuk membantu penyerbukan, menjadikannya salah satu adaptasi evolusi yang menarik di dunia tumbuhan.

"Mekarnya bunga ini adalah bukti dari upaya perawatan luar biasa yang dilakukan oleh tim kami. Ini juga merupakan kesempatan edukasi untuk mengajarkan masyarakat tentang pentingnya konservasi tumbuhan langka," ungkap Galendra Jaya, General Manager Kebun Raya Purwodadi.

Bunga tersebut pertama kali mulai menunjukkan tanda-tanda kemunculan pada awal Oktober 2024, dengan bobot umbi mencapai 8 kg.

Fenomena langka ini menandai fase mekarnya bunga bangkai yang pertama kalinya di Kebun Raya Purwodadi.