Find Us On Social Media :
Kunci jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 8 halaman 138, 139, dan 140 Kurikulum Merdeka. (Freepik)

Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 138, 139, 140 Kurikulum Merdeka: Pilgan dan Esai

Arista Estiningtyas - Senin, 21 Oktober 2024 | 09:05 WIB

Sonora.ID - Dalam artikel ini kami sajikan paparan mengenai kunci jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 8 halaman 138, 139, 140 Kurikulum Merdeka.

Kunci jawaban di bawah ini diharapkan bisa menjadi bahan belajar untuk para siswa di rumah sehingga para siswa dapat memahami lebih dalam mengenai materi tersebut.

Para siswa pun dapat mencoba untuk menjawab pertanyaan-pertanyaannya terlebih dahulu lalu mencocokkan jawabannya dengan kunci jawaban berikut ini, dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 128 Kurikulum 2013 (K13) Globalisasi

Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 138, 139, 140 Kurikulum Merdeka

Soal 1

Cuaca dan iklim sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Iklim di Indonesia merupakan iklim tropis sehingga menyebabkan terjadinya dua musim yaitu kemarau dan penghujan. 

Setiap awal Oktober hingga bulan April Indonesia mengalami musim penghujan. Dampak dari musim penghujan bagi kehidupan manusia adalah …

Jawaban: a. peningkatan volume air sehingga kuantitas air menurun.

Soal 2

Setiap wilayah di muka bumi memiliki bentuk dan karakteristik masingmasing. Perbedaan antara wilayah satu dan yang lain juga memengaruhi berbagai aktivitas ekonomi masyarakat setempat. 

Daerah dataran rendah memiliki komoditas ekonomi yang cukup beragam daripada daerah pegunungan. Faktor alam yang dapat melatarbelakangi hal tersebut adalah ...

Jawaban: b. daerah dataran rendah merupakan daerah yang subur.

Soal 3

Setiap negara memiliki pertumbuhan penduduk yang berbeda-beda. Indonesia merupakan negara yang memiliki jumlah penduduk lebih dari 250 juta jiwa. 

Pertumbuhan penduduk yang besar tanpa diimbangi dengan penekanan jumlah penduduk akan menyebabkan permasalahan di segala bidang. Masalah yang mungkin muncul di masyarakat dalam bidang sosial adalah ...

Jawaban: c. meningkatnya angka kriminalitas.

Soal 4

Seorang guru mata pelajaran IPS mendapatkan surat tugas mengajar di Kabupaten Tarakan. Kemudian beliau mendapatkan surat mutasi dipindahkan ke Kota Palangkaraya. Mobilitas sosial yang dialami seorang guru adalah …

Jawaban: b. Horizontal