Find Us On Social Media :
Hari Pangan Sedunia ke-44 Tahun 2024, di halaman Kelurahan Penajam, Kecamatan Penajam, Rabu (16/10/2024). (Istimewa)

Peringati Hari Pangan Sedunia ke-44 Tahun 2024, DKP PPU Gelar Gerakan Pangan Murah

Etty Hariyani - Rabu, 16 Oktober 2024 | 19:35 WIB

Penajam, Sonora.ID - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia ke-44 Tahun 2024, di halaman Kelurahan Penajam, Kecamatan Penajam, Rabu (16/10/2024).

Kepala DKP PPU, Waluyo, mengatakan Hari Pangan Sedunia yang diperingati setiap tanggal 16 Oktober merupakan momentum yang mengingatkan dunia bahwa kekuatan setiap negara ditentukan oleh kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan pangan seluruh masyarakat secara berkelanjutan.

Peringatan Hari Pangan Sedunia juga sekaligus menjadi ajang penyerahan secara simbolis bantuan pangan dari pemerintah pusat kepada 10.618 penerima, serta bantuan pangan untuk balita gizi kurang sebanyak 360 balita.

Acara ini mengusung tema “Hak Atas Pangan untuk Kehidupan dan Masa Depan yang Lebih Baik.”

Lebih lanjut, Waluyo mengatakan tujuan Gerakan Pangan Murah (GPM) adalah untuk membantu masyarakat mendapatkan bahan pokok, terutama beras, dengan harga terjangkau di bawah harga pasar, sekaligus menjaga ketersediaan bahan pangan.

Baca Juga: Targetkan 100 Kendaraan, DLH Lakukan Uji Emisi Karbon Kendaraan Dinas di PPU

“Dengan adanya Gerakan Pangan Murah (GPM) diharapkan dapat sedikit meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangannya,” ujar Waluyo.

Kepala DKP PPU, Waluyo, juga menambahkan bahwa GPM ini menghadirkan sekitar 15 tenant (penyewa) dan didukung oleh pihak terkait, seperti Perum Bulog, Bank Indonesia, Bankaltimtara, pedagang ritel dan distributor pangan, UMKM binaan dinas yang mengampu bidang pangan, serta petani dan peternak di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Semoga kegiatan ini dapat memacu kita semua untuk terus bangkit dalam penyediaan pangan berkualitas untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat Benuo Taka,” pungkasnya. (Adv/DiskominfoPPU)