Find Us On Social Media :
GM PLN UID Jabar Susiana Mutia melakukan penyalaan listrik di salah satu rumah di Desa Adat Kuta Ciamis, Rabu (16/10/2024). (Dok. Humas PLN UID Jabar)

PLN UID Jabar Beri Bantuan Perbaikan Instalasi Listrik Puluhan Rumah Desa Adat Kuta di Ciamis

Indra Gunawan - Kamis, 17 Oktober 2024 | 11:45 WIB

Tasikmalaya, Sonora.ID - Ada 79 rumah di Kampung Adat Kuta, Desa Karangpinal, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis Jawa Barat (Jabar) mendapat bantuan perbaikan instalasi listrik oleh PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jabar.

Bantuan yang masuk dalam program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN UID Jabar ini juga meliputi pemasangan baru dan penambahan daya listrik gratis bagi 16 pelanggan, peralatan pembuatan gula semut, pemberdayaan UMKM, dan sosialisasi jeselamatan ketenagalistrikan bagi masyarakat kampung Adat Kuta.

"Selain terintegrasi dengan program TJSL, ini semua dalam rangka mendukung pelestarian budaya lokal dan peningkatan kesejahteraan masyarakat adat di Kampung Kuta," ucap General Manager PLN UID Jabar Susiana Mutia, Rabu (16/10/2024).

Susiana menyebut, PLN memiliki peran penting dalam mendukung komunitas lokal melalui program-program pemberdayaan yang berkelanjutan.

“Listrik merupakan salah satu kebutuhan vital masyarakat di mana pemanfaatannya dapat mendorong pembangunan di berbagai sektor. Program TJSL PLN ini merupakan bentuk nyata kontribusi PLN yang dirancang untuk memberikan manfaat jangka panjang, baik dari segi ekonomi, sosial, maupun lingkungan bagi masyarakat kampung Adat Kuta," sebut Susiana

Baca Juga: BULOG Jabar Pastikan Sepanjang 2024 Stok Beras di Jabar Aman

Menurutnya, dengan bantuan listrik, masyakat dapat memanfaatkannya untuk belajar, hiburan, membantu kegiatan rumah tangga, bekerja dan berbagai kegiatan produktif.

Mengenai bantuan mesin pembuat gula semut dan pelatihan UMKM perajin gula, diharapkan warga dapat meningkatkan kompetensinya dan meningkatkan jumlah produksi, serta varian produksi gula.

"Gula semut sendiri kini sedang tren sebagai pemanis berbagai minuman khususnya kopi, jajanan ataupun makan. Gula semut pun lebih tahan lama, pengemasan lebih mudah dan penyimpananya lebih aman, serta harga yang lebih tinggi. Semoga bantuan ini dapat meningkatkan penghasilan warga," ungkap Susiana.

Lebih lanjut disebutkan, pengetahuan ketenagalistrikan juga dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian warga akan keamanan dan keselamatan ketenagalistrikan sehingga diharapkan kebakaran rumah adat akibat korsleting listrik terhindarkan.