Find Us On Social Media :
Pelanggan KA Feeder dari Stasiun Bandung (Dok. Humas Daop 2 Bdg)

Dari Januari Hingga September 2024, Kereta Feeder Angkut Sudah Lebih Dari 1 Juta Pelanggan

Indra Gunawan - Sabtu, 19 Oktober 2024 | 12:50 WIB
 
Bandung, Sonora.ID - Semenjak dioperasikannya kereta cepat Whoosh, PT KAI menyediakan layanan kereta tambahan (Kereta Api Feeder) yang dirancang untuk menghubungkan pelanggan dari berbagai lokasi menuju stasiun utama kereta cepat di Stasiun Padalarang dengan waktu tempuh yang singkat.
 
"KA Feeder ini keberadaannya  sangat signifikan dalam mendukung operasional kereta cepat, jadi pelanggan tidak perlu berganti moda transportasi berkali-kali untuk ke stasiun kereta cepat Whoosh. KA Feeder ini diberangkatkan dari Stasiun Bandung ke Stasiun Padalarang PP," jelas Manager Humas Daop 2 Bandung Ayep Hanapi, dikutip dari siaran persnya, Sabtu (19/10/2024).
 
Ayep mengungkapkan, dari 1 Januari hingga September 2024 KA Feeder berhasil melayani sebanyak 1.017.356 pelanggan
 
"Dari Januari kemarin sampai September kemarin, sudah lebih dari satu juta pelanggan yang dilayani KA Feeder relasi Bandung - Padalarang PP," jelas Ayep.
 
"Kalau dirinci, Stasiun Bandung itu jadi stasiun keberangkatan KA Feeder dengan pelanggan terbanyak. Ada sekitar 964.636 pelanggan, lalu keberangkatan dari Stasiun Cimahi 52.720 pelanggan. Sedangkan pelanggan KA Feeder yang turun di Stasiun Bandung ada 1.124.233 pelanggan," ungkap Ayep.
 
"Jumlah pelanggan tersebut bisa dipastikan jumlahnya akan semakin bertambah seiring dengan makin banyaknya jumlah perjalanan KA Feeder relasi Bandung- Padalarang, PP," jelas Ayep.
 
Baca Juga: Kembangkan TOD, Pemkot Bandung Dorong Transport Integration Di Bandung Timur
 
Ayep juga menuturkan bahwa saat ini jumlah perjalanan KA Feeder sebanyak 54 perjalanan setiap harinya karena menyesuaikan jadwal KA Cepat Whoosh.
 
Ayep menambahkan bahwa dengan waktu tempuh sekitar 19-20 menit, diharapkan akan mempermudah masyarakat dalam mengakses moda transportasi baru yang menghubungkan Bandung dan Jakarta ini.
 
Untuk diketahui, inisiatif KA Feeder juga sejalan dengan upaya pemerintah dalam mendorong penggunaan transportasi umum yang ramah lingkungan dan mengurangi ketergantungan pada kendaraan pribadi. 
 
Dengan adanya kereta feeder, diharapkan lebih banyak masyarakat yang tertarik menggunakan kereta cepat, yang pada gilirannya dapat meningkatkan efisiensi mobilitas dan mengurangi emisi karbon. 
 
Secara keseluruhan, KA Feeder merupakan bagian penting dari sistem transportasi terpadu yang mendukung perkembangan infrastruktur modern di Indonesia.
 
Baca Juga: Mengenal Gedung Pos Indonesia dalam Workshop Fotografi Bagi Puluhan Pelajar SMK Kota Bandung