Find Us On Social Media :
Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultural Dinas Pertanian PPU, Gunawan, (Diskominfo PPU)

Program Smart Farming di Kabupaten PPU Rencana Akan Diterapkan di Tahun 2026

Etty Hariyani - Senin, 21 Oktober 2024 | 10:20 WIB

PENAJAM, Sonora.ID - Sebagai upaya meningkatkan Produktivitas Petani Pemerintah kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara (PPU) Bakal Terapkan Program Smart Farming.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultural Dinas Pertanian PPU, Gunawan, menyampaikan Program Smart Farming di Kabupaten PPU rencana akan diterapkan di tahun 2026 mendatang berkerja sama dengan Perusahaan Korea Selatan.

Program Smart farming atau pertanian pintar adalah konsep manajemen bercocok tanam yang mengandalkan bantuan teknologi canggih yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah hasil produksi pertanian di wilayah ini.

"Saat ini pemerintah daerah mulai mempersiapkan kebutuhan-kebutuhan untuk menunjang program smart farming ini, yang akan dikembangkan di kecamatan Babulu kini masih dalam proses, proses yang dilaksanakan untuk penerapan smart farming pun cukup panjang, salah satunya dengan mendapatkan rekomendasi dari Pemerintah pusat dalam hal ini Pihak Kementerian,"ungkapnya pada Jumat lalu (18/10/2024)

Gunawan menambahkan saat ini pihaknya sudah mendapatkan beberapa rekomendasi dari Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pertanian untuk program ini.

"Semoga proses ini berjalan dengan lancar sehingga kabupaten PPU dapat menerapkan program smart farming mempersiapkan diri untuk menjadi daerah tumpuan pangan Kota Nusantara, ibu kota baru Indonesia."pungkasnya.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Baca Juga: Budidaya Nilasa dengan Metode Bioflok Lebih Menguntungkan Bagi Para Pembudidaya