Find Us On Social Media :
Gelar Rakor Bank Sampah, DLH PPU Sebut untuk Bangun Kepedulian dan Kesadaran Masyarakat (Diskominfo PPU)

Gelar Rakor Bank Sampah, DLH PPU Sebut untuk Bangun Kepedulian dan Kesadaran Masyarakat

Etty Hariyani - Selasa, 22 Oktober 2024 | 13:05 WIB

Penajam, Sonora.ID - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Penajam Paser Utara (PPU) mengelar Rapat Koordinasi Bank Sampah Go Green Menuju Ekonomi Sirkuler yang digelar di Hotel IKA Petung, Selasa (22/10/2024).

Rakor ini dibuka Sekretaris DLH PPU, Syamsiah yang dihadiri 64 peserta dari OPD dan perwakilan unit bank sampah swadaya masyarakat.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3, Kamaruddin menjelaskan, kegiatan ini untuk memberikan pemahaman mengenai pengelolaan sampah oganik dan non organik.

Bukan hanya itu, juga sampah yang memiliki nilai ekonomis.

“Jadi di sini kami berikan pemahaman mengenai pengelolaan sampah,”jelasnya.

Ia mengatakan, kegiatan ini akan digelar hingga 23 Oktober 2024 dan diikuti perwakilan OPD, sekolah dan bank sampah yang dikelola masyarakat.

Baca Juga: Manfaatkan Digitalisasi Melalui Media Live Streaming. Zainal Arifin Buka Pelatihan dan Workshop Pengembangan UMKM

Sementara itu, Sekretaris DLH PPU, Syamsiah menjelaskan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 yang menjadi dasar tentang pengelolaan sampah, prinsip pengelolaan sampah adalah reduce, reuse, dan recycle yaitu mengurangi, menggunakan kembali dan mengolah sampah.

Ia mengatakan, Bank sampah menerapkan sistem seperti perbankan, namun yang ditabung adalah sampah, bukan uang.

“Dari dasar pengolahan 3 R tersebut kemudian diperkuat oleh Peraturan Menteri LHK Nomor 14 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Sampah pada Bank Sampah, yang merupakan penyempurnaan dari Peraturan Pemerintah Nomor. 81 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga mengenai Pedoman Pelaksanaan Reduce, Reuse, dan Recycle Melalui Bank Sampah,” ujarnya.