Find Us On Social Media :
Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati saat ditemui di Gedung Kartini Sragen, Jumat (3/2/2023). (Tribunsolo.com)

Masuki Masa Pilkada Sragen 2024, Pertemuan Antar Kades Dipertanyakan

Ria FM Solo - Rabu, 23 Oktober 2024 | 16:35 WIB

Sragen, Sonora.ID – Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, memberikan penjelasan terkait acara yang melibatkan para kepala desa (kades) di wilayahnya.

Kegiatan tersebut sebelumnya menuai kritik dari kubu pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sragen nomor urut 2, Sigit Pamungkas-Suroto, yang menuding acara itu bermuatan politis menjelang Pilkada Sragen.

Yuni mengungkapkan bahwa acara yang diselenggarakan pada Selasa (22/10/20240) di Taman nDayu Park tersebut sebenarnya merupakan syukuran ulang tahun ayahnya, Untung Wiyono.

"Kebetulan ulang tahunnya waktu dekat ini, tidak hanya kades, tetangga juga kita undang, karena tempat tidak bisa jadi satu," jelasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa acara ini berlangsung ketika dirinya sedang mengambil cuti dari jabatan sebagai Bupati Sragen.

Dalam penjelasannya, Yuni juga menekankan bahwa undangan tersebut bukan hanya untuk kepala desa, melainkan juga warga sekitar.

Tamu-tamu, termasuk para kepala desa, dibagi menjadi empat kloter sesuai dengan kawedanan masing-masing.

Ia menegaskan bahwa acara tersebut sama sekali tidak bermuatan politis dan hanyalah sebuah acara syukuran keluarga.

Namun, kubu Sigit Pamungkas-Suroto berpendapat sebaliknya melihat bahwa para kepala desa diminta datang tanpa mengenakan atribut resmi mereka dan tidak menggunakan kendaraan dinas.

Ketua Divisi Kampanye Kreatif Tim Pemenangan Sigit-Suroto, Eko Wijiyono, menilai bahwa pengumpulan kepala desa di tengah momen Pilkada seperti ini berpotensi menimbulkan kesan politis yang kuat.