Find Us On Social Media :
Pj Gubernur Elen Setiadi Memimpin Apel dan Simulasi Mitigasi Bencana Banjir di Sumsel (Humas Pemprov Sumsel)

Pj Gubernur Elen Setiadi Memimpin Apel dan Simulasi Mitigasi Bencana Banjir di Sumsel

- Rabu, 23 Oktober 2024 | 15:55 WIB

Palembang, Sonora.ID - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Elen Setiadi, S.H., M.S.E, memimpin langsung Apel dan Simulasi Mitigasi Bencana Banjir di Provinsi Sumsel yang diadakan di Halaman Shooting Range Jakabaring Sport City (JSC) Palembang pada Rabu (23/10/2024).

Dalam apel gabungan yang melibatkan TNI/Polri, Pol PP, dan instansi terkait lainnya, Pj Gubernur Elen menyampaikan bahwa Sumsel baru saja melewati masa-masa sulit yang membutuhkan banyak tenaga, waktu, dan perhatian untuk menangani bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan.

"Berakhirnya musim kemarau yang berpotensi menyebabkan kebakaran hutan dan lahan adalah kabar baik bagi kita semua," ujarnya.

Namun, Elen menambahkan, setelah musim kemarau, Sumsel kini memasuki musim penghujan dengan curah hujan yang tinggi. Oleh karena itu, diperlukan persiapan untuk menghadapi dampak yang mungkin timbul seperti banjir dan tanah longsor.

"Hari ini kita berkumpul di sini sebagai bagian dari upaya pencegahan dan kesiapsiagaan bencana," katanya.

Baca Juga: Pemprov Sumsel dan 17 Kabupaten/Kota Bersinergi Tingkatkan Kualitas Kepegawaian Menuju Smart ASN

Elen menekankan bahwa mitigasi untuk mengurangi risiko bencana perlu dilakukan dengan penyiapan peralatan dan personel yang siap siaga menghadapi bencana, serta simulasi untuk meningkatkan kemampuan personel dan menguji fungsi dari peralatan yang ada.

"Banyak yang harus kita lakukan, seperti memperbaiki kondisi lingkungan, meningkatkan fungsi daerah resapan air, daerah aliran sungai, dan daerah lereng perbukitan yang gundul atau kritis," ungkapnya.

Elen juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan dan kontribusi, baik berupa personel maupun peralatan, dalam penanganan bencana di Sumsel.

"Kita mengadakan apel ini sekaligus untuk melaksanakan uji fungsi dari kemampuan personel dan kesiapan peralatan kita masing-masing, sehingga dapat menjadi bahan evaluasi untuk memperbaiki kekurangan yang ada," tutupnya.

Penulis Achmad Aulia

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News