Find Us On Social Media :
Diskominfo PPU Gelar Sosialisasi EPSS, Zainal Arifin Dengan Dukungan dan Peran Aktif Hasil Predikat Baik Dapat Meningkat Jadi Sangat Baik (Diskominfo PPU)

Diskominfo PPU Gelar Sosialisasi EPSS, Zainal Arifin Dengan Dukungan dan Peran Aktif Hasil Predikat Baik Dapat Meningkat Jadi Sangat Baik

Etty Hariyani - Rabu, 23 Oktober 2024 | 16:10 WIB

Penajam, Sonora.ID - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Menggelar Sosialiasasi Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS), di aula lantai III Kantor Bupati PPU. Selasa (22/10/2024)

Kegiatan ini dihadiri Penjabat (Pj) Bupati PPU, Muhamad Zainal Arifin, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) PPU, Suko Haryono, Mewakili Kepala BPS Provinsi Kaltim, Titik Hidayati Selaku Narasumber serta para pejabat dilingkungan Pemkab PPU

Pj Bupati PPU, Muhamad Zainal Arifin mengatakan sangat mengapresiasi atas hasil EPSS yang dilakukan secara berjenjang mulai dari Kabupaten hingga Pusat Pemkab PPU memperoleh Indek Pembangunan Statistik (IPS) tahun 2024 2,70 dengan Predikat ”Baik”. Nilai IPS tersebut meningkat signifikan lebih dari Tahun 2023 yang memperoleh Nilai IPS 1,32 dengan Predikat ”Kurang”.

Ini merupakan pencapaian yang sangat mengbahagiakan yang telah dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika dan beberapa Perangkat Daerah selaku anggota seperti, Bapelitbang, BKPSDM, BPBD, Dinas Kesehatan, Dinas Perpustakaan dan Arsip, DPMD, RSUD, dan Dinas Ketahanan Pangan sebagai "Lokus" Terpilih sampel EPSS di Kabupaten Penajam Paser Utara."ucapnya

Lanjut Pj Bupati PPU Zainal Arifin menekankan, disamping prestasi yang telah kita raih, Salah satu kekurangan kita adalah tingkat keterisian data kita masih belum mencapai 100% serta masih terdapat sebagain data yang belum memenuhi unsur-unsur kelayakan data yang valid seperti belum tersedianya data yang disertai dengan metadata.

Baca Juga: Pj Bupati PPU Zainal Arifin Berharap Para Santri Menjadi Generasi Penerus yang Berkualitas

Hal ini dikarenakan masih belum optimalnya kesadaran dan peran aktif Perangkat Daerah selaku Produsen Data dan Walidata Pendukung. Selain hal tersebut, pemanfaatan BIG DATA juga masih belum dapat dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara."ungkapnya

Mari kita segera berbenah, untuk meningkatkan kinerja kita dalam memberikan layanan publik kepada masyarakat melalui Bidang Statistik yang berkualitas. Bangun sinergitas, bangun kebersamaan, bangun komunikasi dan terus saling berkoordinasi dalam melaksanakan tugas sebagai Produsen Data dan Walidata Pendukung.

Sehingga kedepan kita bisa mempertahankan hasil yang Predikat Baik, atau dapat meningkatkan predikat dari Baik menjadi Sangat Baik dalam Penyelenggaraan Statistik Sektoral."ajak Zainal.

Sementara itu, Kepala Diskominfo PPU, Khairudin menambahkan maksud tujuan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman dan tambahan pengetahuan kepada Admin Satu Data Indonesia (SDI) atau Staf Bidang Data Perangkat Daerah tentang Pentingnya Penyelenggaraan Statistik Sektoral dan Pengembangan Sistem Statistik Nasional secara berkelanjutan.

Sehingga dapat meningkatan Kualitas Penyelenggaraan Statistik Sektoral, tercapainya peningkatan Nilai IPS, tercapainya peningkatan kualitas pelayanan publik di bidang statistik serta terwujudnya data statistik yang berkualitas sebagai dasar dalam perencanaan pembangunan daerah.

Melalui kegiatan ini, kami mengharapkan dukungan seluruh Kepala Perangkat Daerah sebagai pemangku kebijakan serta peran aktif seluruh teman-teman Admin SDI atau Staf Bidang Data Perangkat Daerah untuk terus berbenah dalam menyelenggarakan kegiatan statistik yang berkualitas.

Dengan dukungan dan peran aktif Bapak/Ibu sekalian, semoga ditahun yang akan datang kita bisa meraih predikat sangat baik” pungkasnya.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News