Find Us On Social Media :
NGOPI, Waspadai Dan Cegah Gondongan Sekarang Juga! (Kalimaya Bhaskara FM)

3 Dari 10 Anak-Anak di Malang Menderita Gondongan, Ketahui Pencegahan Hingga Vaksin yang Dibutuhkan!

- Kamis, 24 Oktober 2024 | 11:25 WIB


Penulis : Akhmad Ibra Syahrial Maula

Malang, Sonora.ID – Gondongan kembali menjadi perhatian di Kabupaten Malang, dengan data rata-rata yang menunjukkan bahwa 3 dari 10 anak-anak telah tertular.

Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang kelenjar air ludah, menyebabkan pembengkakan di sekitar pipi bawah. Meskipun lebih sering menyerang anak-anak, gondongan juga dapat menjangkit orang dewasa, meskipun lebih jarang terjadi.

Dalam wawancara eksklusif bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Malang pada program NGOPI Kalimaya Bhaskara FM, dr. Nila Mahardika Tiara Nindy mengatakan bahwa gejala gondongan sering kali tidak khas pada awalnya dan menyerupai flu biasa, seperti demam, nyeri kepala, serta badan yang pegal-pegal.

Namun, tanda khusus yang perlu diperhatikan adalah munculnya benjolan bengkak di salah satu atau kedua sisi pipi, yang bisa berpindah dari satu sisi ke sisi lainnya dalam waktu 2-3 hari. Hal ini terjadi akibat peradangan di kelenjar air ludah.

“Bengkak di pipi bawah merupakan gejala utama gondongan, dan karena pertumbuhannya cepat, jika ada gejala awal, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter,” tambahnya.

Baca Juga: 8 Manfaat Sawi Putih untuk Kesehatan: Kaya Nutrisi, Baik untuk Tubuh

Mengapa Anak-Anak Lebih Rentan?

Agung Wahyu Eko Purnomo, AMd Kep - RSUD Ngantang, menambahkan bahwa anak-anak lebih rentan terkena gondongan karena sistem imun mereka yang masih naik turun.

“Ketika imun sedang lemah, virus gondongan sangat mudah menyerang. Itulah sebabnya penting bagi orang tua untuk selalu memperhatikan kebersihan dan kesehatan anak-anak mereka,” tegasnya.