Find Us On Social Media :
Kolaborasi Pemkab PPU Bersama TNI/Polri Memanfaatkan Lahan Tidur Untuk Mendukung Ketahanan Pangan (Diskominfo PPU)

Kolaborasi Pemkab PPU Bersama TNI/Polri Memanfaatkan Lahan Tidur Untuk Mendukung Ketahanan Pangan

Etty Hariyani - Jumat, 25 Oktober 2024 | 10:40 WIB

Penajam, Sonora.ID – Kolaborasi antara Pemkab PPU, Kodim 0913/PPU, dan Polres PPU dalam upaya pemanfaatan lahan produktif untuk mendukung ketahanan pangan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU), M. Zainal Arifin, mengatakan pentingnya optimalisasi lahan tidur yang belum dimanfaatkan. Tidak boleh ada lahan yang terbengkalai atau dibiarkan sebagai lahan tidur.

"Sesuai instruksi Presiden RI Prabowo Subianto serta berbagai pemimpin nasional lainnya, termasuk Menteri Pertanian, Kapolri, dan Panglima TNI. Semua harus dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat. "ungkapnya (23/10)

Saat ini Pemkab PPU sedang berkoordinasi dengan Dinas Pertanian dan seluruh kecamatan serta desa untuk memetakan lahan produktif yang belum dimanfaatkan.

"Bibit akan kita sediakan secara gratis untuk seluruh kelurahan dan desa. Harapannya, dengan program ini, kita bisa membangun sentra-sentra agrowisata yang tidak hanya mendukung ketahanan pangan, tetapi juga mendukung sektor pariwisata di tengah perkembangan IKN (Ibu Kota Nusantara)," kata Zainal.

Baca Juga: PJ Bupati PPU Galakkan Konsumsi Beras Lokal Demi Menjaga Stabilitas Pangan dan Kesejahteraan Petani

Pada kesempatan ini, Zainal Arifin mengajak masyarakat untuk tidak hanya fokus pada produksi, tetapi juga memikirkan aspek pemasaran. Sebagai solusi untuk memaksimalkan hasil pertanian dengan memanfaatkan teknologi digital.

“Kita harus mulai menggunakan digital marketing untuk memasarkan produk pertanian kita. Dengan begitu, pasar akan lebih mudah dijangkau, bahkan hanya melalui telepon genggam,"pungkasnya. ( Adv)

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News