Find Us On Social Media :
Pokdakan PPU saat mengikuti Bimtek Pembudidayaan Udang Galah di Sukabumi Jawa Barat (Ist)

Diskan PPU Beri Bimtek Budidaya Udang Galah Kepada 6 Kelompok Pokdakan

Syahidah Izzata Sabiila - Jumat, 25 Oktober 2024 | 11:00 WIB

Sonora.ID - Guna mendorong peningkatan produktivitas perikanan daerah, Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) Budidaya Udang Galah dengan sistem bioflok kepada 6 Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) PPU di Sukabumi, Jawa Barat.

Pelatihan dilakukan selama 4 hari mulai tanggal 14-17 Oktober 2024 bekerjasama dengan Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi.

Menurut Kepala Diskan PPU, Rozihan Azward, sistem pembudidaya dengan menggunakan metode bioflok dan memanfaatkan kolam terpal bulat ini sangat menguntungkan.

Metode bioflok ini, sangat efektif untuk meningkatkan produktivitas budidaya udang galah, karena memanfaatkan bakteri baik dalam air untuk mengolah sisa pakan menjadi protein yang dapat dikonsumsi kembali oleh udang.

Pilihan pada udang galah bukan tanpa alasan. Komoditas ini juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi dan permintaan pasar yang cukup besar.

Namun ia mengakui, bahwa saat ini budidaya udang galah di PPU masih fokus pada varietas udang vaname dan udang windu. Itupun masih masuk dalam kategori komoditas perikanan air payau dan belum ada air tawar.

Dengan potensi yang besar dan dukungan dari pemerintah, melalui pelatihan ini diharapkan dapat mendorong para pembudidaya lokal untuk mulai membudidayakan udang galah melalui sistem bioflok air tawar.

Sehingga, akan menambah salah satu sumber pendapatan baru bagi masyarakat PPU, khususnya para pembudidaya. Yang juga diharapkan dapat meningkat kesejahterannya. (Adv).

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News