Find Us On Social Media :
ilustrasi 5 Contoh Puisi Sumpah Pemuda yang Bikin Nangis dan Paling Lengkap (canva View more by Rido)

5 Contoh Puisi Sumpah Pemuda yang Bikin Nangis dan Paling Lengkap

Muhammad Aliefuddin Sayyaf - Minggu, 27 Oktober 2024 | 09:45 WIB

Sonora.ID- Berikut adalah artikel SEO panjang tentang 5 Puisi Sumpah Pemuda yang Bikin Nangis, yang dapat menyentuh hati pembaca dan menumbuhkan semangat kebangsaan.

Artikel ini akan menyajikan puisi-puisi yang mengingatkan kita pada perjuangan pemuda Indonesia dan semangat yang terkandung dalam Sumpah Pemuda.

Perayaan Sumpah Pemuda setiap tanggal 28 Oktober selalu menjadi momen yang tepat untuk mengenang perjuangan pemuda Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan dan kesatuan bangsa.

Tak hanya sebuah sejarah, Sumpah Pemuda adalah semangat yang abadi dan harus selalu hidup dalam diri kita. Untuk mengenang peristiwa bersejarah ini, berikut adalah kumpulan 5 puisi Sumpah Pemuda yang begitu menyentuh hati, hingga membuat kita terharu.

Baca Juga: Contoh Amanat Pembina Upacara Hari Sumpah Pemuda untuk Anak SD Tahun 2024

  1. "Satu Tanah, Satu Darah"

Dalam bait pertama puisi ini, rasa cinta terhadap tanah air begitu kuat. Puisi ini mengajak kita untuk mengingat bahwa walau berasal dari berbagai suku, kita tetap satu dalam perbedaan.

Satu Tanah, Satu Darah
Kami di sini berdiri,
Dalam satu tanah, satu darah,
Di atas bumi pertiwi yang suci,
Tak peduli jarak atau arah.

Kami berbeda namun tak terpecah,
Satu jiwa dalam Sumpah Pemuda,
Janji suci yang terus menyala,
Di hati kami yang tak pernah lelah.

Puisi ini mengingatkan kita bahwa perbedaan suku, agama, dan budaya di Indonesia adalah kekuatan, bukan penghalang. Perasaan kebersamaan yang dihadirkan dalam puisi ini begitu menyentuh dan menguatkan rasa persatuan.

Baca Juga: Teks Sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI di Hari Sumpah Pemuda ke-96 Tahun 2024