Find Us On Social Media :
Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim, Akmal Malik ()

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Dispora Kaltim Ajak Pemuda Perkuat Persatuan Nasionalisme 

Etty Hariyani - Senin, 28 Oktober 2024 | 18:10 WIB
 
Sonora.ID - Pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Timur menggelar upacara di Gelora Kadrie Oening, Samarinda, untuk mengenang semangat persatuan yang pertama kali diikrarkan oleh para pemuda Indonesia pada 28 Oktober 1928. Peristiwa bersejarah ini menjadi simbol perjuangan menuju kemerdekaan dan memperkuat jati diri bangsa Indonesia.
 
Acara tersebut dihadiri oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim, Akmal Malik, yang didampingi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kaltim, Sri Wahyuni. Dalam sambutannya, Akmal Malik menegaskan pentingnya peran pemuda yang terus relevan dari masa pra-kemerdekaan hingga era saat ini.
 
"Sebuah peristiwa, dimana pemuda menyatakan tekad yang kuat untuk bersatu di tengah kenyataan dan keragaman untuk menghadirkan negara Indonesia," kata Akmal dalam sambutan upacara peringatan hari Sumpah Pemuda, (28/10/2024).
 
Baca Juga: Dispora Kaltim Soroti Penurunan Prestasi Lulusan SKOI
 
Akmal juga mengingatkan agar nilai-nilai persatuan yang diwariskan oleh para pemuda pada tahun 1928 terus disuarakan sebagai pondasi karakter bangsa Indonesia di tengah perubahan zaman. Menurutnya, penguatan karakter dan kesadaran nasional harus selalu dijaga untuk mempertahankan eksistensi Indonesia sebagai bangsa yang kuat dan bersatu.
 
"Bulan pemuda dan peringatan hari sumpah pemuda 2024 ini, berbarengan dengan masa transisi pemerintahan baru yang akan mengorkestrasi langkah bangsa Indonesia dari jangka menengah sampai jangka panjang," tambahnya.
 
Dengan semangat Hari Sumpah Pemuda, Akmal berharap agar pemuda Kaltim semakin berperan aktif dalam pembangunan nasional dan siap mendukung visi jangka panjang untuk kemajuan Indonesia. (*Adv)
 
Baca Juga: Menyambut Hari Sumpah Pemuda, Alda Terpilih Jadi Pemuda Pelopor Kaltim di Bidang Pendidikan