Find Us On Social Media :
20 Contoh Soal FR UKPPPG PGSD Piloting 3 Lengkap dengan Kunci Jawaban (Pixabay)

20 Contoh Soal FR UKPPPG PGSD Piloting 3 Lengkap dengan Kunci Jawaban

Dita Tamara - Kamis, 7 November 2024 | 11:00 WIB

Sonora.ID - Simak FR soal UKPPPG PGSD Piloting 3 yang dilengkapi dengan kunci jawabannya.

FR (Frequently Repeated) menjadi salah satu soal yang kerap muncul dalam try out UKPPPG dari tahun ke tahun.

Oleh sebab itu, contoh soal FR UKPPPG berikut ini bisa dijadikan sebagai persiapan menghadapi Uji Kompetensi Peserta Pendidikan Profesi Guru PGSD Piloting 2024.

Berikut ini Sonora.ID melansir beberapa soal UKPPPG PGSD Piloting 3 yang dilengkapi dengan kunci jawabannya:

1. Capaian Pembelajaran (CP) dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila pada elemen UUD NRI Tahun 1945, Fase C kelas V, yaitu mengidentifikasi bentuk-bentuk sederhana norma, aturan, hak dan kewajiban dalam kedudukannya sebagai peserta didik, anggota keluarga, dan bagian dari masyarakat. Berdasarkan CP tersebut, tujuan pembelajaran yang paling tepat pada ranah afektif adalah .....

 

A. melalui kegiatan pengamatan lingkungan sekitar, peserta didik dapat menyajikan hasil telaah tentang norma yang berlaku di masyarakat

B. melalui model value clarification technique, peserta didik dapat menunjukkan sikap disiplin dalam menerapkan norma yang berlaku di masyarakat*

C. melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menyebutkan norma yang berlaku di lingkungan masyarakat tempat tinggal

D. melalui model pembelajaran berbasis masalah peserta didik dapat menelaah macam- macam norma dan sanksinya

 

E. melalui pembelajaran berbasis proyek peserta didik dapat menyajikan laporan hasil pengamatan pelaksanaan norma di masyarakat

Jawaban: B
 
2. Seorang guru kelas II SD sedang merancang materi pembelajaran tentang penerapan nilai- nilai Pancasila dalam kehidupan.

Peserta didik kelas II SD berada pada tahap pra operasional akhir, oleh karena itu cara paling efektif untuk mengajarkan penerapan nilai- nilai Pancasila dalam kehidupan adalah melalui .....

A. penulisan esai tentang pengalaman pribadi dalam penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan

B. penyusunan laporan tentang hasil pengamatan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan

C. diskusi mendalam tentang konsep-konsep abstrak dari nilai-nilai Pancasila

D. analisis peristiwa yang merupakan penyimpangan dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan

E. cerita bergambar yang menekankan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan di masyarakat*

Jawaban: E

3. Salah satu elemen fase B yakni "Peserta didik mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan". Rumusan tujuan pembelajaran yang tepat yakni …

A. diberikan daftar barang-barang maupun aktivitas dalam kehidupan, peserta didik kelas III dapat memilih mana barang yang merupakan kebutuhan dan mana barang yang merupakan keinginan.*

B. diberikan daftar barang, peserta didik mampu menyebutkan barang barang yang dibutuhkan sebagai seorang pelajar.

C. diberikan lembar kerja, peserta didik mampu membuat pertanyaan pertanyaan tentang apa saja kebutuhan mereka.

D. dengan menonton video tentang upaya manusia memenuhi kebutuhan hidup, peserta didik mampu menyebutkan apa saja upaya yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

E. diberikan grafik tentang kecenderungan kebutuhan dan keinginan manusia, peserta didik mampu menganalisis kecenderungan apa saja yang dibutuhkan dan diinginkan oleh manusia.

Jawaban: A

Baca Juga: Kunci Jawaban Modul 2 PPG, Post Test PSE 3, Pembelajaran Sosial Emosional, Latihan Pemahaman

4. Bu Ani guru SD Nusantara yang memiliki peserta didik yang sangat beragam. Metode asesmen yang paling sesuai yang bisa diterapkan Ibu Ani untuk mengevaluasi pemahaman konsep peserta didik secara individual dalam pembelajaran yang berpusat pada peserta didik adalah …

A. penilaian diri yang dilakukan oleh masing-masing peserta didik

B. portofolio yang meliputi berbagai tugas dari peserta didik

C. ujian tertulis dengan soal pilihan ganda*

D. penilaian teman sejawat yang dilakukan di dalam kelas

E. pengamatan perilaku dari peserta didik yang dilakukan baik di dalam kelas maupun di luar kelas

Jawaban: C

5. Tujuan pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan Pancasila di SD adalah peserta didik dapat mengidentifikasi keragaman budaya di Indonesia. Media yang kreatif dan inovatif untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut adalah ....

A. gambar yang menunjukkan tarian adat daerah yang menunjukkan kekayaan Indonesia

B. buku cerita tentang tarian daerah yang menunjukkan keberagaman budaya Indonesia

C. poster yang menunjukkan gambaran tentang keragaman budaya di Indonesia

D. presentasi yang menjelaskan tentang keragaman budaya di Indonesia

E. Augmented Reality (AR) yang menampilkan keanekaragaman budaya di Indonesia*

Jawaban: E

6. Bu Esty adalah guru SD kelas IV. Lingkungan sekolah tempat Bu Esty mengajar adalah pasar dengan mayoritas pekerjaan orang tua adalah pedagang. Pada pertemuan yang akan datang, Bu Esty mengajak peserta didiknya belajar materi operasi hitung bilangan bulat. Desain pembelajaran yang dilakukan Bu Esty yang sesuai dengan kondisi lingkungan peserta didik adalah ....

A. menjelaskan cara menghitung penjumlahan dua bilangan bulat, kemudian meminta semua peserta didiknya mengerjakan soal latihan