Sonora.ID - Sinergi antara Pos Indonesia dan Bank BNI menjadi langkah strategis dalam memperkuat sektor UMKM nasional.
Sebut saja adanya kolaborasi dalam memanfaatkan jaringan luas Pos Indonesia dan keunggulan layanan keuangan Bank BNI.
Kerjasama keduanya ini untuk membantu UMKM dalam memperluas pasar, meningkatkan daya saing, serta memanfaatkan teknologi untuk pertumbuhan bisnis.
"Kolaborasi ini kami realisasikan melalui kolaborasi antara PosAja! dan Xpora BNI yang bertujuan untuk membangun ekosistem UMKM yang tangguh, baik di pasar domestik maupun internasional, melalui solusi logistik, pembiayaan dan edukasi bisnis," ucap Direktur Business Development dan Portfolio Management Pos Indonesia, Prasabri Pesti dalam keterangannya, Kamis (19/12/2024).
"Tentunya kerja sama ini menjadi peluang besar bagi UMKM untuk memanfaatkan layanan logistik terintegrasi dan solusi digital Pos Indonesia melalui platform digital courier PosAja!," jelas Prasabri.
"Kami berkomitmen memberikan dukungan menyeluruh bagi UMKM, mulai dari pengiriman domestik hingga internasional, dengan tetap mengedepankan inovasi layanan," imbuhnya.
Dalam keterangan, disebutkan bahwa penandatanganan kerja sama kedua belah pihak dilakukan oleh SVP Retail Business PT Pos Indonesia W Lily Selanno dan Pemimpin Divisi Retail Productive Banking BNI I Nyoman Astiawan, dan disaksikan oleh Direktur Business Development dan Portfolio Management Pos Indonesia Prasabri Pesti.
Melalui sinergi ini, kedua belah pihak bersepakat berkolaborasi pada layanan logistik terpadu, yaitu sistem PosAja! yang terintegrasi dengan portal Xpora BNI yang akan mempermudah UMKM dalam pengiriman produk baik lokal maupun ekspor.
Lalu bentuk kerja sama lainnya adalah pemanfaatan outlet Pos. Di mana nantinya outlet ini akan menjadi pusat layanan fulfillment dan media live streaming bagi UMKM, serta pelatihan bagi UMKM dalam meningkatkan wawasan mengenai pengelolaan logistik dan ekspor.
Sementara itu dalam keterangannya, SVP Retail Business PT Pos Indonesia W Lily Selanno menyebut, dalam kolaborasi ini Bank BNI menyediakan fasilitas kredit untuk UMKM yang tergabung dalam ekosistem PosAja!, juga sistem digital terintegrasi, seperti Virtual Account dan BNI Direct untuk efisiensi layanan.
“Komitmen membangun UMKM unggul melalui kolaborasi ini juga diiringi dengan program edukasi keuangan, seperti webinar dan workshop, untuk meningkatkan kapasitas UMKM dalam menghadapi tantangan pasar global,” jelas Lily.
Sedangkan promosi bersama antara BNI dan Pos Indonesia di platform PosAja! diharapkan dapat meningkatkan visibilitas program dan memperluas jangkauan layanan.
Hal senada disampaikan Pemimpin Divisi Retail Productive Banking BNI Nyoman Astiawan, yang menyebjt bahwa pihaknya ngin memastikan UMKM mendapatkan akses mudah ke berbagai layanan, mulai dari logistik hingga pembiayaan, untuk mendukung langkah menuju pasar global.
Menurutnya, kerja sama ini juga menjadi langkah nyata dalam memperkuat ekosistem digital nasional. Dengan integrasi layanan logistik dan keuangan, Pos Indonesia dan BNI berharap dapat menciptakan pengalaman layanan yang efisien dan modern, sehingga mendorong pertumbuhan UMKM sekaligus berkontribusi terhadap ekonomi nasional.
Sebagai perusahaan BUMN, Pos Indonesia dan BNI terus berkomitmen untuk mendukung transformasi UMKM di Indonesia, menjadikannya lebih kompetitif di pasar global.