Sonora.ID - Pengembangan sebuah usaha tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat dan tanpa strategi bisnis.
Pengembangan usaha mencakup beberapa tahap yang pastinya memakan waktu. Untuk itu, dibutuhkan ketelitian dan strategi yang tepat bagi para marketer.
Hal yang penting dilakukan dalam usaha mengembangkan usaha adalah komunikasi yang tepat dan riset pasar. Dalam memberlakukan kedua kunci penting ini, diperlukan penyesuaian dengan perkembangan teknologi dan digital.
Baca Juga: Bisnis Stagnan? Lakukan Strategi Bisnis Ini Agar Anda Semakin Untung
Menurut VP Marketing Loket Go-Jek Entertainment Group, Mohamad Ario Adimas, yang pertama yang harus dilakukan dalam menetapkan strategi komunikasi yang baik adalah riset.
“Nah ini jarang dilakukan oleh perusahaan, sehingga komunikasinya menjadi tidak efektif karena ternyata tidak seseuai dengan targetnya. Banyak perusahaan yang hanya menggunakan intuisi untuk mengetahui target pasarnya,” tambah Dimas.
Cara riset pasar pun perlu disesuaikan dengan perkembangan teknologi. Media sosial dapat mempermudah tahap ini, khususnya untuk mencari tahu minat dan kebutuhan generasi muda.
Baca Juga: Punya Bisnis dengan Hasil Besar dan Risiko Kecil, Mungkinkah?
“Sosial media ini sering dipakai oleh marketer untuk melakukan riset,” sambungnya.