Sonora.ID - Sering kali keluhan yang terjadi di lingkungan kerja adalah keluhan karyawan dengan atasannya. Masalah ini terjadi biasanya disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya adalah cara komunikasi pemimpin dalam memimpin timnya.
Untuk itu, Business Development Management at FIDES, Yohadi Martono menjelaskan bahwa, satu kunci penting dalam memiliki karakteristik diri sebagai seorang pemimpin adalah dengan memberlakukan arah komunikasi dua arah.
Two way communication menjadi penting untuk melihat dan mendengar potensi serta aspirasi dari anggota tim.
Baca Juga: Pentingnya Membangun Value untuk Meningkatkan Profit Perusahaan
Seorang pemimpin tidak hanya meniru, lalu memberikan arahan, tetapi seorang pemimpin diharap mampu mencari tahu kebutuhan anggota timnya.
Dengan adanya komunikasi dua arah ini, pemimpin dapat mengetahui permasalahan dan kebutuhan timnya, atau dengan kata lain komunikasi macam ini akan menciptakan sifat empati.
“Faktor paling tepatnya empatinya. Ketika seorang pemimpin punya empati yang baik, ketika ia tahu sisi yang lainnya itu mau apa, mereka butuhnya apa, dan mau kemana, seorang pemimpin dengan mudah bisa mengarahkan dengan pengalaman yang dimilikinya,” jelas Yohadi.
Baca Juga: Langkah Awal Memulai Bisnis dengan Menentukan Brand yang Tepat