Bandung, Sonora.ID - Ada yang berbeda kali ini dalam event Karya Kreatif Indonesia (KKI) Tahun 2020 yang bertema "Mendorong UMKM Sebagai Kekuatan Baru Dalam Perekonomian Nasional di Era Digital". Tahun ini adalah kali pertama penyelenggaraan KKI yang dilakukan secara virtual dan berseri.
Perlu diketahui, tahun ini Bank Indonesia (BI) kembali menggelar ajang Karya Kreatif Indonesia (KKI). KKI adalah kegiatan tahunan yang bersinergi dengan lembaga atau kementrian terkait, dan menghadirkan produk-produk premium UMKM Binaan BI.
KKI Tahun 2020 dibuka secara virtual oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Wury Ma'ruf Amin Gubernur BI Perry Warjiyo, Rabu (7/10/2020), yang dirangkaikan pula dengan penandatanganan kesepakatan kerjasama antara Bank Indonesia yang diwakili Deputi Gubernur BI, Doni P Joewono, dengan Dekranas sebagai sinergi untuk UMKM digital.
Baca Juga: AMCF 2020, Langkah BI Sulawesi Selatan Majukan UMKM di Era Digital
Seri rangkaian kegiatan dihadirkan dalam penyelenggaraan KKI Tahun 2020 ini diantaranya: Pertama, Sinergi untuk UMKM Ekspor dilaksanakan pada 28-30 Agustus 2020. Kedua, Sinergi untuk UMKM Digital pada 7-9 Oktober 2020, dan seri III Sinergi UMKM untuk Sahabat Milenial pada November 2020. Selain itu dihadirkan pula pameran virtual yang diikuti oleh 377 UMKM binaan BI.
KKI Seri II juga menyajikan joint event BI dengan Kementerian Ketenagakerjaan dan OJK, edukasi onboarding, business matching, business coaching, dan workshop. Kegiatan fokus pada peningkatan kapasitas, literasi, dan digitalisasi UMKM, serta perlindungan konsumen.
BI mengajak masyarakat untuk mengunjungi pameran KKI 2020 secara virtual melalui website KKI. Fitur platform telah dibuka pada 7 - 9 Oktober 2020.
Ke depan, BI berkomitmen untuk terus mengembangkan UMKM agar dapat menjadi tulang punggung perekonomian daerah dan nasional, serta bersinergi dengan berbagai kementerian dan lembaga.