Menakjubkan! Inilah 10 Fakta Tubuh Manusia yang Jarang Kita Sadari

16 November 2021 13:45 WIB
Illustrasi Fakta dari Tubuh Manusa yang Jarang Kita Sadari
Illustrasi Fakta dari Tubuh Manusa yang Jarang Kita Sadari ( )

Sonora.ID – Tak jarang kita hanya memperhatikan penampilan dan menajaga kebersihan kita yang bisa dilihat oleh mata. Bahkan kita sering melakukan kebiasaan yang sering orang lain lakukan, padahal itu belum tentu benar.

Seperti membersihkan telinga. Terdapat penelitian salah satu fungsi kotoran pada telinga manusia adalah untuk melindungi telinga itu sendiri.

Hal ini dikaitkan dengan fungsi pendengaran. Cairan yang dinilai kotor dalam telinga bisa melumasi dan melindungi dari partikel kotoran yang memungkinan dapat masuk telinga.  

Oleh sebab itu, kita tidak boleh terlalu sering membersihkan atau mengorek telinga kita dan tidak baik juga dilakuakan terlalu dalam.

Selain itu, terdapat fakta lain pada tubuh manusia yang jarang kita sadari dan patut kita syukuri. Melansir dari List 25, inilah 10 daftar fakta tubuh manusia yang menakjubkan:

1. Sel Terbesar dan Terkecil

Sel terbesar dalam tubuh manusia adalah sel telur wanita dan yang menakjubkan adalah yang terkecil adalah sel sperma. Sel telur wanita sebenarnya adalah satu-satunya sel dalam tubuh yang terlihat dengan mata telanjang.

2. Ukuran Kepala Bayi 

Ketika kita masih bayi, kepala kita adalah seperempat dari total panjang tubuh badan, tetapi pada usia dua puluh lima tahun hanya akan menjadi seperdelapan dari total panjang tubuh kita. Ini karena kepala orang tumbuh pada tingkat yang jauh lebih lambat daripada bagian tubuh lainnya.

3. Panjang Pembuluh Darah

Menurut National Institute on Aging (NIA) Amerika Serikat, diperkirakan bahwa tubuh manusia memiliki sekitar enam puluh ribu mil pembuluh darah. Hal tersebut bisa dapat untuk mengitari perjalanan kita ke seluruh dunia.

4. Ukuran Mata

Mata kita selalu berukuran sama sejak lahir, tetapi hidung dan telinga kita tidak pernah berhenti tumbuh sesuai dengan usia kita. Meskipun bertumbuhnya tidak terlalu ketara.

Baca Juga: 5 Fakta Depresi yang Jarang Kamu Dengar: Ini Satu Cara Mudah Mengurangi Gejalanya!

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm