Palembang, Sonora.ID - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Selatan mendorong masyarakat agar dapat memanfaatkan aplikasi Sumsel Tanggap yang sejak setahun terakhir sudah tersedia di platform digital.
Hal ini diungkapkan, Kabid Yankes Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, dr. Widya Anggraini, MARS dalam talkshow Radio Talk yang berlangsung di studio Smart Fm Palembang, Senin (22/11).
Widya mengatakan, aplikasi yang diluncurkan pada Hari Kesehatan Nasional pada November tahun 2020 lalu ini diharapkan mampu menjawab keinginan masyarakat yang membutuhkan pelayanan secara cepat dalam satu situasi atau kondisi tertentu seperti gawat darurat.
“Aplikasi Sumsel Tanggap ini adalah aplikasi pelayanan kegawatdaruratan medis dan aplikasi ini dibangun oleh Pemprov Sumsel yang diinisiatori oleh Kadinkes Sumsel, Lesty Nuraini supaya di satu situasi dan keadaan yang membutuhkan pelayanan secara cepat dalam hal ini gawat darurat bisa direspon secepat mungkin berkat adanya aplikasi ini,” kata Widya.
Ia mengatakan, aplikasi ini berisi nomor kontak tim medis yang bisa membantu dalam situasi gawat darurat. Mulai dari kecelakaan, serangan jantung, kejang-kejang, ataupun situasi gawat lainnya.
Selain itu, lanjut Widya, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk konsultasi terkait kesehatan. Melalui nomor 119, PSC siap 24 jam membantu situasi gawat darurat dari masyarakat.
Terkait dengan fitur-fiturnya, aplikasi Sumsel Tanggap memiliki beberapa fitur dengan kegunaan yang berbeda-beda. Salah satunya fitur yang berisi nomor kontak tim PSC disetiap kabupaten/ kota Sumsel yang siap melayani.
Baca Juga: Gunakan Fintech dengan Aman, Hal Apa Saja yang Perlu Kamu Ketahui? Simak Selengkapnya