Sonora.ID - Agar berhasil di dunia pekerjaan dibutuhkan soft skill. Apa itu soft skill? Dini Andriyani, Psikolog Magna Penta kepada Sonora (03/01/2022) mengatakan bahwa soft skill adalah kemampuan yang dibutuhkan seseorang untuk melaksanakan pekerjaannya tapi bukan yang teknis atau yang dipelajari di sekolah, kampus atau training, tapi lebih kepada sikap kerja, sesuatu yang memotivasi, semangat, kemampuan untuk melawan kebosanan dan sebagainya.
Ada empat point penting dari soft skill. Yang pertama adalah kemapuan mengelola kemapuan diri sendiri atau intra personal, bagaimana menghadapi tekanan, integritas agar tetap efektif. Kedua kemampuan interpersonal atau cara menjaga hubungan dengan baik.
Ketiga adalah kemampuan mengelola orang lain atau leadership. Kempat adalah kemampuan mengelola tugas.
Baca Juga: 15 Parenting Inspiratif Quotes, Bikin Semakin Bangga Menjadi Orang Tua
“Saat kita bekerja tidak hanya menyelesaikan pekerjaan tapi bagaimana prosesnya. Apakah hasil pekerjaan kita sudah memuaskan orang yang menerima pekerjaan itu. Kita harus konfirmasi, kita memastikan sikap kita dan cara kita menyelesaikan pekerjaan bukan semata-mata selesai,” ujarnya.
Selain soft skill, komunikasi juga penting. Komunikasi dipengaruhi intonasi dan situasi. Komunikasi artinya apa yang disampaikan orang bisa mengerti. Trend dunia digital menyebabakan sering terjadi miskomunikasi.
Saat orang menulis kadang yang muncul adalah emosi, perlu sekali konfirmasi atau dengan telpon untuk mengurangi bias.
Sebagai seorang leader tidak hanya sebatas memberikan tugas dan arahan tetapi juga memastikan orang yang diberikan arahan mengerti maksudnya.