Selama 2021, Aplikasi WargaKu Surabaya Sudah Terima 11.316 Pengaduan

31 Januari 2022 20:37 WIB
Foto: Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika  (Diskominfo) Kota Surabaya M Fikser
Foto: Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Surabaya M Fikser ( )

Suraaya, Sonora.ID - Bulan Maret 2021 lalu, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya meluncurkan aplikasi WargaKu  Surabaya yang berfungsi sebagai media pengaduan dan layanan untuk warga Kota Surabaya. 

Melalui aplikasi yang digagas oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi ini, warga Surabaya dapat  menyampaikan kritik, saran, permohonan informasi, keluhan atau apresiasi kepada Pemkot  Surabaya.  Aplikasi ini ternyata sangat diminati oleh warga Kota Surabaya.

Selama 2021 atau mulai  Maret hingga akhir Desember 2021, ada sebanyak 11.316 pengaduan yang masuk ke dalam aplikasi  tersebut.

Dari jumlah itu, sebanyak 11.116 pengaduan telah diselesaikan pada tahun 2021,  sedangkan sisanya sebanyak 200 pengaduan ditindaklanjuti pada tahun 2022. 

Baca Juga: 6 Ragam Kuliner Khas Surabaya Yang Terkenal, Kamu Sudah Coba?

“Dari pengaduan itu, lebih dari 50 persen diselesaikan dalam waktu tiga hari, dan 80 persen  langsung direspon kurang dari 24 jam,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika  (Diskominfo) Kota Surabaya M Fikser di ruang kerjanya, Sabtu (29/01/2022). 

Menurut Fikser, pengaduan dengan jenis topik administratif rata-rata diselesaikan dalam rentang  waktu 2-5 hari. Sedangkan pengaduan dengan jenis topik fisik rata-rata diselesaikan dalam rentang  waktu 7-15 hari.

“Kemudian pengaduan dengan jenis topik lain-lain rata-rata diselesaikan dalam  rentang waktu 4-7 hari,” tegasnya. 

Adapun top 10 topik pengaduan yang masuk ke dalam aplikasi WargaKu Surabaya adalah vaksinasi  sebanyak 1.505 pengaduan, bansos sebanyak 743 pengaduan, MBR sebanyak 429 pengaduan, PJU  sebanyak 421 pengaduan, informasi pemangkasan atau perantingan pohon sebanyak 401 pengaduan. 

Baca Juga: Pemkot Surabaya Dampingi Warga Manfaatkan Lahan BTKD Demi Perkuat Ketahanan Pangan

“Selanjutnya, pengaduan jalan rusak dan berlubang sebanyak 357 pengaduan, administrasi  kependudukan sebanyak 304 pengaduan, pelayanan PDAM sebanyak 278 pengaduan, KTP  Elektronik sebanyak 277 pengaduan, dan gangguan keamanan dan ketertiban umum sebanyak 244  pengaduan,” katanya. 

Ia juga memastikan bahwa dari 11.316 pengaduan yang masuk, sebanyak 77,1 persen pengaduan  dilaporkan oleh laki-laki dan 22,9 persen pengaduan dilaporkan oleh perempuan.

Sedangkan  pengaduan berdasarkan usia, ada 3,7 persen rentang usia 11-20 tahun, 25,2 persen rentang usia 21- 30 tahun, 32,4 persen rentang usia 31-40 tahun, 25,6 persen rentang usia 41-50 tahun, 10,3 persen  rentang usia 51-60 tahun, dan 2,8 persen rentang usia 61-70 tahun. 

Fikser menambahkan, dari sekian banyak pengaduan itu, ada beberapa laporan yang menggunakan  identitas orang lain hingga salah alamat.

Ia mencontohkan ada salah satu pengaduan tentang Satpol  PP Surabaya, ketika pelapor diundang dan dikonfirmasi lebih lanjut, ternyata si pelapor yang sesuai  dengan NIK-nya itu, mengaku tidak pernah melaporkan.

Baca Juga: Luncurkan Aplikasi Sayang Warga, Pemkot Surabaya Libatkan Kader Identifikasi Masalah Sosial dan Kesehatan

“Bahkan, warga tersebut mengaku KTP nya sempat hilang. Berarti yang melaporkan ini menggunakan identitas orang lain,” katanya. 

Selain itu, ada pengaduan yang terkesan lucu dan salah alamat. Ia mencontohkan pengaduan  sertifikat tanah, masalah PLN hingga pengurusan STNK, termasuk ada pula yang mengadukan  password akun aplikasi Jogo Suroboyo yang milik Polrestabes Surabaya lupa.

“Mungkin warga itu  bingung dan tidak tahu ya, makanya sampai salah alamat,” imbuhnya.   

Bahkan, ada pula laporan yang ternyata ketika dihubungi lebih lanjut tidak bisa dihubungi atau tidak  diangkat.

Sebab, ketika ada suatu pengaduan, pasti perangkat daerah (PD) di Pemkot Surabaya akan  menghubungi balik si pelapor, terutama ketika yang dilaporkan itu persoalan fisik, karena PD akan  mengajak si pelapor itu untuk melakukan survei bersama-sama.  

“Nah, ketika si pelapor tidak bisa dihubungi, maka sesuai PermenPAN 62/2018, untuk pengaduan  yang kurang data pendukung, kami berikan waktu 10 hari untuk melengkapi. Jadi, biasanya PD  menelpon si pelapor untuk konfirmasi data pendukung yang dibutuhkan. Bahkan, PD  memberitahukan melalui tanggapan di WargaKu agar si pelapor mengangkat telpon atau  melengkapi data pendukung. Apabila dalam jangka waktu 10 hari tidak merespon atau tidak  melengkapi data pendukung, maka pengaduan akan kami arsipkan,” tegasnya. 

Baca Juga: Pemkot Surabaya Dampingi Warga Manfaatkan Lahan BTKD Demi Perkuat Ketahanan Pangan

Oleh karena itu, ia mengimbau kepada warga Kota Surabaya untuk melaporkan dan mengadukan  berbagai hal yang ada di Kota Surabaya.

Namun, Fikser berharap pengaduan atau laporan itu harus  dilengkapi data pendukung yang lengkap, sehingga membantu jajaran pemkot dalam menanggapi  pengaduan tersebut.

“Monggo dilaporkan dengan data yang lengkap, supaya kami cepat dalam  bergerak dan warga juga mendapatkan solusi solutif,” pungkasnya. 
 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm