Jabar dan NTB Kembali Kerja Sama di Berbagai Bidang

23 Februari 2022 21:24 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil didampingi Gubernur NTB Zulkieflimansyah saat jumpa pers di Gedung Sate Bandung, Rabu (23/2/2022).
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil didampingi Gubernur NTB Zulkieflimansyah saat jumpa pers di Gedung Sate Bandung, Rabu (23/2/2022). ( Sonora.ID/Indra Gunawan)

Bandung, Sonora.ID - Pada akhir tahun 2020 lalu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) melakukan penandatanganan kerja sama berbagai bidang dengan Pemprov Nusa Tenggara Barat (NTB), mulai dari ekonomi kreatif, pariwisata, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), perdagangan, sampai dengan pendidikan.

Penajaman kerja sama di bidang-bidang tersebut kembali ditandatangani antar Kepala Dinas keduanya yang disaksikan langsung oleh Gubernur Ridwan Kamil dan Gubernur NTB Zulkieflimansyah di Aula Barat Gedung Sate Bandung, Rabu (23/2/2022).

"Hari ini antara Jawa Barat dan NTB menandatangani kerja sama di bidang Perindustrian, Perdagangan, kemudian juga di bidang Pariwisata, UMKM, dan Investasi, karena perdagangan antar provinsi selama ini kurang, jadi lebih banyak bisnis to bisnis di bidang swasta," ucap Ridwan Kamil saat jumpa pers.

"Kali ini kita akan melakukan kerjasama antar provinsi, salah satunya industri sepatu dari Jawa Barat. Ini sangat membutuhkan kulit yang produksi kulitnya mungkin banyak dari ternak-ternak di NTB, kemudian MotoGP kita sudah kerja sama, dan akan ada produk marchandise dijual oleh warga NTB tapi diproduksinya dari Jawa Barat," papar Ridwan Kamil.

Lebih lanjut Ridwan Kamil mengatakan, selain kerja sama di sektor-sektor tersebut, juga akan dibuat pelatihan hospitality.

Baca Juga: Jabar Dapat Jatah 30 Juta Liter Minyak Goreng dari Pemerintah Pusat

"Ada 15 warganya Pak Gub NTB yang mulai besok dilatih untuk jadi barista dengan skala internasional di Bandung, sehingga nanti cafe-cafe di sana (NTB) jadi bisa sekelas cafe-cafe di dunia yang mengiringi kesuksesan NTB, apalagi NTB akan sering jadi tuan rumah event-event internasional," kata Ridwan Kamil.

"Lain-lainnya saya kira akan menyesuaikan. Dahulu saya hadir ke Mataram, diberi kehormatan untuk memberikan pandangan-pandangan kenegaraan. Tentulah ini Semangat dari kurangi kompetisi perbanyak kolaborasi, karena kita sama-sama NKRI, dan kita juga akan banyak investasi ke NTB sebagai bagian dari kesetaraan daerah-daerah yang sama-sama ingin maju ekonominya," imbuhnya.

Disinggung mengenai produk UMKM asal Jawa Barat yang dihadirkan di ajang Super Bike dan MotoGP di Mandalika, Ridwan Kamil mengatakan, bahwa yang difokuskan saat ini adalah produk-produk clothing sebagai merchandise.

"Yang sekarang sedang dikerjakan mayoritas ada di clothing kemudian sepatu pertama nanti di launching juga di sana, dan designernya dari Jawa Barat tapi semua produksi dan sumbernya dari NTB. Nah untuk sepatu kulit itu saya sendiri yang mendesainnya. Ini contoh kolaborasi konkrit, dan Insya Allah nanti menjadi kebanggaan antar daerah dua tempat ini," ungkap Ridwan Kamil.

Sementara itu, Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengucapkan terimakasihnya kepada Pemprov Jabar dengan terjalinnya kerjasama berbagai bidang ini.

Baca Juga: Disperkim Jabar Tampung Isu Strategis 27 Kabupaten/Kota  

"Terima kasih pada Pak Gubernur Jawa Barat, artinya NTB ini akan menjadi tuan rumah dari berbagai event internasional, oleh karena itu kita juga tidak hanya menjadi penonton di daerah kami sendiri. Kapasitas masyarakat harus di upgrade," ucap Zulkieflimansyah.

"Alhamdulillah dengan kolaborasi dan sinergi ini banyak orang-orang dari daerah kami yang akan punya akan dilatih sehingga punya skill kemampuan yang mumpuni sehingga memang bisa menjadi pemain di tempat kita sendiri, seperti akan adanya pelatihan barista ini," pungkasnya.

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm