Inovasi Wako Prabumulih Mengolah Limbah Nanas Menjadi Bernilai Ekonomis

7 Maret 2022 06:30 WIB
Ilustrasi Buah nanas
Ilustrasi Buah nanas ( )

Palembang, Sonora.ID – Setiap daerah memiliki potensi yang berbeda-beda.

Kota Prabumulih misalnya memiliki potensi dibidang nanas dan gas alam. Walikota Prabumulih, Ir. H. Ridho Yahya, MM kepada Sonora (2/03/2022) mengatakan bahwa dirinya berusaha menggali potensi yang ada di kota prabumulih, diantaranya mengolah nanas serta memanfaatkan gas alam.

“Allah SWT memberikan daerah kelebihan masing-masing. Gas alam semua masyarakat Prabumulih sudah menikmati gas semua 100%. Sekarang nanas dibuat inovasi. Selama ini daunnya terbuang jadi limbah kini diolah menjadi serat benang untuk membuat kain,” ujarnya.

Kain dari serat daun nanas sudah ada peminatnya terutama dari pulau Bali. Serat dari daun nanas dijual dengan harga 150 ribu per kilogramnya.

“Sekarang sedang menjajaki ke luar negeri terutama singapura, mudah-mudahan mereka bisa membeli serat kain daun nanas dalam jumlah besar,” tukasnya.

Serat kain dari daun nanas memiliki kelebihan antara lain lebih panas dari benang biasa sehingga diminati orang eropa karena  cuaca disana lebih dingin.

Baca Juga: Apa-Apa Butuh BPJS Kesehatan, Pengamat: Pemerintah Sebaiknya Fleksibel

Serat kain daun nanas juga lebih kuat sehingga banyak dipakai untuk jok-jok mobil seperti Mercedes.

“Nanas tidak ada yang terbuang mulai dari buah, kulit, daun semua bisa dimanfaatkan,” tukasnya.

Pemerintah Kota Prabumulih saat ini sedang membantu pengadaan alat-alat pengolah daun nanas menjadi serat kain ke desa-desa.

12 desa minimal memiliki mesin pengolah. Saat ini masyarakat Prabumulih menanam nanas masih tumpang sari, disaat harga karet turun mereka menanam nanas, saat harga karet naik mereka menanam karet.

Dengan inovasi, buah nanas bisa dikalengkan, kulitnya jadi pewarna, daunnya jadi serat.

“Harapan kita nanas bukan hanya tanaman tumpang sari tapi tanaman pokok warga prabumulih dan hasilnya menggiurkan pendapatan,” ujarnya.

Baca Juga: ASTAGA! Nyesel Banget Baru Tahu Sekarang, Cuma Tambahkan Nanas Daging Bisa Jadi Selembut Tahu, Yang Ompong Lega Mendengarnya

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm