Ini Gaya Pedalangan Kedung Banteng dari Sragen, Masih Populer Hingga Kini

25 Maret 2022 15:30 WIB
Dalang yang menggunakan gaya kedung banteng, Ki Manto Mudo Darsono (66)
Dalang yang menggunakan gaya kedung banteng, Ki Manto Mudo Darsono (66) ( Tribun Solo)

Solo, Sonora.ID - Para pecinta pewayangan pasti sudah tak asing dengan gaya pedalangan Kedung Banteng. Gaya kedung banteng masih sangat populer hingga kini, karena pertunjukannya yang penuh enerjik dan hidup.

Salah satu dalang yang menggunakan gaya kedung banteng ialah Ki Manto Mudo Darsono (66), yang juga merupakan adik kandung dari almarhum Ki Manteb Sudarsono. Ki Manto menceritakan jika gaya pedalangan kedung banteng pertama kali diciptakan oleh dua dalang, yakni Ki Darman Gondo Darsono dan Ki Gondo Buwono.  Nama kedung banteng diambil dari nama salah satu stasiun kereta api, yang berada di Desa/Kecamatan Gondang, Kabupaten Sragen.

Namun, menurut Ki Manto nama kedung banteng di ambil dari salah satu dukuh di Desa Banaran, Kecamatan Sambungmacan. Ki Manto sendiri sejak kecil penggemar berat Ki Darman, sehingga ketika menjadi dalang pun ia membawakan gaya kedung banteng.

Menurutnya, gaya kedung bantengan berbeda dengan gaya Klatenan, yang mana gaya Klatenan mirip dengan gaya Solo. "Gaya kedung bantengan sebenarnya sama saja, tidak ada patokan khusus, sesukanya dalangnya saja," katanya, Kamis (24/3/2022).

"Gaya kedung bantengan berbeda dengan gaya Klatenan, tapi tergantung pribadi masing-masing, sukanya yang mana, karena sama-sama bagus," tambahnya. Ki Manto menjelaskan jika gaya pedalangan Klatenan memiliki ciri khas jarak wayang saat pementasan agak jauh, sehingga enak dipandang. Gerakan yang ditampilkan pun bersih, agak sedikit lembut, yang sesuai dengan pakemnya.

Baca Juga: Targetkan Vaksinasi 70 Persen Sebelum Lebaran, Gibran Siap Door to Door

Sedangkan pertunjukan gaya kedung banteng nampak lebih enerjik, dan penampilannya tidak sebersih gaya Klatenan dan Solo. "Kalau kedung banteng tidak semeblak, tidak terlihat bersih, sifatnya semu lebih hidup," jelasnya. "Kalau dipegang dalang kedung banteng seperti ada nyawanya, ada teknik sabetan, kalau jarak antar wayang dekat, diletakkan tepat di depan wajah dalangnya," terangnya.

Ketika pertunjukan, lakon wayang menggunakan gaya kedung banteng biasanya mepet ke geber atau layar putih yang ada di panggung, yang tidak ditemukan di gaya lainnya. Yang lebih khasnya lagi, ketika pertunjukan narasi dari dalang menyesuaikan adegan wayang, sehingga pertunjukkan wayang lebih hidup dan menarik. "Satu lagi, omongan dalangnya biasanya lebih kasar, ada kata-kata kasarnya, dan disesuaikan dengan gerakan wayangnya," kata Ki Manto.

"Misal ketika adegan peperangan, harus keras kata-katanya, masa perang pakai bahasa yang halus, selain itu ketika adegan menendang atau memukul lawan ya dilakukan seperti sungguhan," lanjutnya.

Ki Manto menuturkan jika memperagakan gaya kedung banteng lebih susah, karena harus memahami benar karakter wayang masing-masing. Gaya kedung banteng sendiri sangat populer di Jawa Tengah dan sekitarnya sekitar tahun 1980an, yang mulai dikenal banyak orang. Bahkan, gaya kedung bantengan ditiru dibeberapa daerah, seperti Jawa Timur, hingga Banyumasan.

Gaya yang membuat pertunjukan wayang lebih menarik dan hidup tersebut, ternyata masih populer hingga kini, bahkan dilakukan oleh dalang-dalang yang masih muda. "Setiap dalang yang masih muda, pasti suka gaya kedung banteng, yang muda-muda itu masih menggunakan gaya kedung banteng, tapi ada juga yang dipadu padankan," ucapnya. Termasuk sang kakak, Ki Manteb Sudarsono yang juga menggunakan gaya kedung banteng, meski tidak sepenuhnya dengan prosentase 75 persen.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm