Berikut Keutamaan Puasa di Bulan Suci Ramadhan

15 April 2022 14:10 WIB
H. Bagus Setiawan, Lc. M. E, Pendiri Yayasan Quran El Fajr.
H. Bagus Setiawan, Lc. M. E, Pendiri Yayasan Quran El Fajr. ( Sonora.ID/Jati Sasongko)

Palembang, Sonora.ID - Tidak terasa umat islam sudah menjalani puasa Ramadhan 1443H, hari yang ke-12. H. Bagus Setiawan, Lc. M. E, Pendiri Yayasan Quran El Fajr kepada Sonora (14/04/2022) menjelaskan keutamaan bulan suci Ramadhan.

“ Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh keberkahan. Kita sudah melewati fase pertama; fase rahmat. Allah SWT sangat murah hati di fase pertama,” ujarnya.

Sekarang kita sedang berada di fase kedua, fase penuh dengan ampunan. Allah SWT menginginkan kita untuk meningkatkan ketakwaan.

“ Fase mengharapkan ampunan dari Allah SWT dengan banyak membaca Alquran,” tukasnya.

Puasa adalah membentuk perisai, perisai dalam hati, menjaga tubuh, menjaga lisan dan berzikir. Diakhir bulan Ramadhan umat islam diwajibkan membayar zakat.

Baca Juga: Wah, Tidak Hanya Manusia! Ternyata Ada 5 Hewan Berpuasa, Salah Satunya Menahan Makan Sampai 12 Tahun

“ Mari siapkan materi kita sebaik mungkin untuk membersihkan harta kita dari segala yang kita dapatkan, yang mengarahkan ke haram,” ujarnya.

Agar tetap konsisten membaca Alquran tidak hanya diawal puasa, ia menasehati agar membaca Alquran dengan penuh niat. Membaca Alquran bukan bertujuan agar lebih khatam tapi niatnya kepada Allah SWT. Membaca Alquran merupakan suatu amalan yang gratis tapi memiliki pahala yang banyak sekali. Satu huruf Alquran memilki 10 pahalanya.

“ Setiap amalan yang dilakukan di bulan Ramadhan berbuah pahala dan dilipat gandakan pahalanya,” ujarnya.

Bagi wanita yang sedang berhalangan tetap bisa mendapatkan pahala di bulan Ramadhan yaitu dengan menyiapkan makanan berbuka bagi yang sedang berpuasa.

Pahalanya sama dengan orang yang sedang berpuasa. Ada dua kebahagiaan orang berpuasa, yaitu saat berbuka dan ketika bertemu Allah SWT saat berpuasa.

Ketika berbuka diwajibkan waktunya dipercepat karena waktu yang mustajab saat berbuka puasa jangan kalah dengan nafsu melihat makanan berbuka yang nikmat lalu lupa berdoa. Ketika berbuka adalah doa-doa yang sangat mustajab.

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm