Dirjen Dukcapil Apresiasi Layanan Dukcapil Kota Madiun Yang Buka di Hari Lebaran

4 Mei 2022 13:24 WIB
( Puspen Kemendagri)

Sonora.ID – "Selama matahari terbit, pelayanan Dukcapil selalu ada," Itulah kutipan pernyataan Wali Kota Madiun, Maidi, yang bertekad pelayanan Dinas Dukcapil di wilayahnya buka selama 7x24 jam seminggu.

Ini tentu saja menarik perhatian Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh, untuk langsung berkunjung dan melihat dari dekat layanan Dukcapil Kota Madiun saat libur lebaran Idul Fitri 2022.

"Saya mendengar katanya di Kota Madiun pelayanan adminduk tetap jalan meski sedang libur lebaran. Dan ternyata setelah cek ke sini, ternyata benar. Pelayanan buka sampai full sampai tanggal 8 nanti," ujar Prof. Zudan saat berkunjung di kantor Dukcapil Kota Madiun, Selasa (3/5/2022).

Dalam keterangan tertulis yang kami terima disebutkan, Dirjen Zudan juga berkesempatan mengunjungi 2 mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang dipasang di tengah kota, dan tempat wisata Kota Madiun yang ramai pengunjung.

Baca Juga: Imbau Prokes Libur Hari Raya Lebaran, Geliat Wisata Sanur Membludak!

Wali Kota Maidi mengucapkan terima kasih atas kunjungan Dirjen Dukcapil yang memang gemar blusukan itu.

Wali Kota menyebut, Pemkot Madiun bertekad menjalankan semua instruksi dari pemerintah pusat di Jakarta. Termasuk pelayanan optimal khususnya bidang administrasi kependudukan.

Maidi juga menyatakan, kunjungan Dirjen Zudan memberikan semangat tersendiri bagi pemerintah daerah untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

"Apa yang menjadi instruksi, benar-benar kita jalankan. Dan tentu ini demi pelayanan yang optimal untuk masyarakat," ujar orang nomor satu di Kota Madiun tersebut.

Dalam kunjungan tersebut Dirjen Zudan melihat langsung pelayanan Dukcapil Kota Madiun kepada dua warga yang tengah mengurus perubahan Kartu Keluarga dan KTP-el.

Ia pun menyempatkan diri untuk berbincang dan menyerahkan langsung dokumen kependudukan yang sudah dicetak kepada pemohon.

"Jadi di sini (Kota Madiun) itu, pelayanan online jalan, yang langsung di kantor juga jalan. Bahkan, ada layanan keliling di mal dan pusat keramaian di akhir pekan," lanjut Prof. Zudan.

Lebih lanjut, Prof. Zudan memuji pelayanan Dukcapil Kota Madiun yang mendapat penghargaan 'Dukcapil BISA' tiga kali berturut-turut pada tahun 2018, 2019, dan 2020.

Dukcapil Kota Madiun juga mendapat penghargaan dari Kementerian PAN-RB terkait pelayanan publik terbaik dengan nilai –A pada 2020 dan meningkat A tahun berikutnya.

Saat ini, tengah dalam proses penilaian untuk penghargaan serupa tahun 2022. Menurut Prof.

Zudan capaian tersebut diraih berkat kerja keras dari Dukcapil Kota Madiun dan Wali Kota Madiun, Maidi.

"Tanpa ada motivasi dari pimpinan tentu akan sulit. Inovasi dari bawah kemudian motivasi dari pimpinan, jadi ketemu," kata Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh. 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm